oleh

Persiapan Pelaksanaan Hari Pangan Sedunia Sudah 99 Persen

Pemprov Kalsel menggelar jumpa pers dengan insan media yang digelar di rumah dinas Gubernur Kalsel, Kamis (11/10) yang mengangkat tema “Persiapan Penyelenggaran HPS ke 38 tahun 2018 dan Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Rawa Lebak dan Pasamg surut Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045.

Persiapan pelaksanaan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 38 yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo di Desa Jejangkit Batola dan Kota Banjarbaru tanggal 18-21 Oktober 2018 sudah 99 persen siap. Termasuk tenda tamu, akses jalan menuju lokasi kegiatan.

Itu semuanya disiapkan untuk kelancaran Presiden Jokowi yang akan membuka acara sekaligus melakukan panen raya perdana seluas 15 hektar padi inbrida padi rawa (inpara) padi jenis unggul di lahan Rawa Lebak yang mempunyai siklus satu kali panen dan satu kali masa tanam di Desa Jejangkit.

“Alhamdulilah kesiapan acara HPS sudah 99 persen, artinya Kalsel siap menyambut Presiden RI untuk melihat hasil pertanian di lahan rawa di Desa Jejangkit yang berhasil tumbuh dengan sentuhan tenhlogi pertanian,” kata Gubernur Kalsel Sahbirin Noor didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalsel Suparno, dalam jumpa pers “Persiapan Penyelenggaran HPS ke 38 tahun 2018 dan Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Rawa Lebak dan Pasamg surut Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045, Kamis (11/10).

Menurut Sahbirin, pelaksanaan HPS diharapkan berjalan aman dan lancar, termasuk dirinya memikirkan mengantisipasi hujan datang dan kemungkinan lain misalnya adanya kabut asap. “Akses jalan menuju lokasi terus disiapkan termasuk lapangan helipad, jika memang nantinya presiden menggunakan helikopter. Karena memang presiden hanya satu jam saja di lokasi acara,” katanya.

Pada intinya kata Sahbirin, HPS di Kalsel ingin menunjukkan bahwa di lahan rawa sangat memungkinkan tumbuh dengan baik padi. Yang dibuktikan dengan panen perdana oleh presiden yang akan melakukan panen perdana sebanyak 15 hektar, dari 100 hektar lahan padi yang sudah masa panen.

“Kalsel dukung keinginan Presiden Jokowi menjadi daerah agraris dengan program ketahanan pangan ditiap daerah,” katanya.
Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalsel Suparno mengatakan, agenda kegiatan HPS yang dibagi dua lokasi, yakni untuk lokasi di Desa Jejangkit, Kamis (18/10) dijadualkan Presiden Jokowi melakukan panen perdana, melakukan temu wicara dengan para petani lebak, dan menghadiri gelar tehnologi mesin pertanian .

“Usai melakukan panen perdana, Presiden Jokowi akan langsung menuju Kota Banjarbaru tepatnya di lokasi Kantor Gubernur Kalsel ada 10 kegiatan, termasuk acara Isi Piringku yang akan melibatkan 2018 ibu hamil, juga ada kunjungan ke kampong pertanian, dll,” katanya.

Kata Suparno, dari lahan 1.000 hektar yang akan digarap di Jejangkit dibagi dalam beberapa kluster, di lahan 750 ada dua kluster, kluster 240 yang mau panen, dan kluster 510 yang dibagi 4 kluster ada kluster 112, kluster 117, dank kluster 263 yang totalnya ada 500. Yang sudah dikerjakan oleh dua kelompok yakni, dari TNI dan Kementerian PUPR.

Sementara Kadis Tanaman Pangan Holtikultura Kalsel, Fathurrahman, lahan yang sudah terhampar seluas 4 ribu hektar yang merupakan lahan milik warga yang dikelolakan oleh pemerintah. Itu semuanya bertujuan optimalisasi lahan guna dijadikan program lumbung pangan nasional.

Dimana secara nasional ada 30 juta lahan rawa yang digarap pemerintah. Di Kalsel sendiri ada 160 ribu lahan rawa lebak. Potensi itulah yang akan dijadikan lahan pertanian. Selain lahan rawa lebak di Kalsel juga ada potensi lahan pasang surut pertanian sekitar 137 hektar seluruh Kalsel. Tapi masih dua ribu lahan yang bisa digarap dan mampu untuk panen selama dua kali dalam setahun.

“Kalsel mempunyai potensi dan diharapkan mampu membantu meningkatkan surplus beras secara nasioal.
Kegiatan HPS Kalsel bakal dihadiri 40 ribu orang se Indonesia serta utusan dunia termasuk duta besar yang ada di Indonesia. Tamu seluruh nusantara 4.000 dan warga Lokal sekitar 6.000. Sekitar 40 orang tamu VVIP termasuk dari diplomat dan kedutaan.

yus

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed