oleh

Raudatul Jannah Ingin 10 Program Pokok PKK Berhasil Dijalankan

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Selatan Raudatul Jannah SKM ingin 10 program pokok PKK berhasil dijalankan di Kalsel.
10 Program pokok PKK yakni, Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan Dan Tata Laksana Rumah Tangga, Pendidikan Dan Keterampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi,Kelestarian Lingkungan Hidup Dan Perencanaan Sehat
“Pokoknya kita ingin 10 program PKK berjalan dengan baik, termasuk Dasa wisma salah satunya. Karena Dasa Wisma itu akar rumputnya, jika baik maka ke atas baik,” ujarnya.

Kata Raudatul, Dasa wisma institusinya lengkap baik itu jabatan, data-data apapun yang terkait dengan keluarga-keluarga yang bisa digunakan oleh semua pihak, semua sektor. “Kemudian kalau disana dilakukan gerakan-gerakan yang 10 program pokok PKK itu adanya di dasa wisma, kalau dasa wismanya maju itu luar biasa,” katanya.

Menurut datul, tiap tahun pihaknya memberikan reward bagi anggota PKK di Kalsel. Dasa wisma 10 sampai 20 rumah tangga yang berderetan yang itu di himpun jadi satu. Kemudian mengadakan kegiatan-kegiatan yang macam-macam pokoknya diantaranya gotong-royong dan lain-lain sebagainya.

Selain Dasa Wisma, administrasi PKK juga program unggulan, karena dasa wisma bagian dari administrasi PKK, UP2K, dll.
PKK Kalsel juga melakukan program CSR, misalnya bedah rumah yang sudah pelopori bahkan diadopsi pemerintah provinsi melalui Dinas Sosial. Bagi sembako kepada lansia dan keluarga kurang mampu.

“PKK Kalsel punya cita-cita jumlah rumah tak sehat di Kalsel berkurang setiap tahun, sehingga rumah sehat juga meningkat,” katanya.


TP PKK Kalsel juga menyelenggarakan Latihan Pengelolaan Program dan Penyuluhan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (LP3PKK) di Aula Dinas Pendidikan Provinsi Provinsi Kalsel, mulai Kamis-Jumat (8-9/11).

LP3PKK Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) ini merupakan bagian dari upaya mempertajam, memadukan segenap sumber daya yang ada di dalam TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) agar bisa menjadi mitra terbaik Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang tergambar dalam 10 program pokok PKK.

Kegiatan yang dibuka langsung Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Selatan Ibu Hj. Raudatul Jannah, SKM dihadiri Ketua Pengurus Daerah (PD) Bhayangkari Kalimantan Selatan (Kalsel) Ny. Rinny Yazid Fanani, para Kepala SKPD Kalsel, serta tamu undangan Organisasi Wanita lainnya.

Dilakukannya pelatihan LP-3 PKK ini bertujuan untuk peningkatan kwalitas dan kwantitas Sumber Daya dan kepengurusan Tim penggerak PKK dari tingkat Provinsi, Kabupaten, Kecamatan sampai Desa hingga Kelurahan.

Pelatihan hari ini meliputi pelatihan Manajemen kelembagaan PKK, PAAR, PKDRT, Dasawisma, Pendataan dan pemberdayaan PAUD, Pelatiahan Kader, sosialisasi pengolahan pangan, sosialisasi posyandu yang pesertanya berasal dari seluruh TP PKK Provinsi, TP PKK Kabupaten, TP PKK Kecamatan, dan TP PKK Desa/Kelurahan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed