oleh

Dua Calon Dirut Utama Bank Kalsel Akan Segera Diajukan

Ket Foto: Haryanto, Kepala OJK Regional IX Kalimantan

BANJARMASIN – Siapapun Direktur Utama Bank Kalsel yang direkomendasikan oleh OJK dan dipilih oleh pemegang saham Bank Kalsel, bisa membawa bank milik Pemprov Kalsel tersebut makin terdepan, berkembang, mampu bersaing dengan bank lokal dan luar yang masuk ke pasar Kalsel.

Hal tersebut dikatakan Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional IX Kalimantan Haryanto, Kamis disela-sela acara Coffe Festival, Kamis (22/11/2018), memastikan dua calon direktur utama yang diajukan oleh Bank Kalsel ke OJK segera dilakukan uji kelayakan (fit and proper test). Dua calon Direktur Utama Bank Kalsel yang akan diuji oleh OJK sendiri adalah Agus Syabarudin (Senior Vice President Bank Kalsel) dan Anwari (Kepala Bank Kalsel Cabang Banjarmasin).

Menurut Haryanto, kemungkinan sekitar 10 hari lagi dua kandidat tersebut akan dilakukan fit and proper test oleh OJK pusat. Nantinya pengujinya ada tiga orang, dua dari luar dan satu dari internal OJK. Hasil fit sand proper test paling lambat biasanya diserahkan ke pihak direksi perbankan sepekan setelah dilakukan.

“Setelah diberikan hasilnya, tinggal jajaran pemegang saham Bank Kalsel saja lagi yang memutuskan siapa yang berhak untuk menduduki posisi direktur utama sesuai dengan rekomendasi yang kami berikan,” ujarnya.

Haryanto mengatakan, jika dari hasil fit and proper test tidak ada yang mampu memenuhi standar, OJK akan meminta untuk menyerahkan nama baru untuk diuji ulang, untuk pengajuan nama calon yang lama tapi tidak lulus sebenarnya masih bisa, namun harus menunggu 6 bulan.

Dalam dalam hal ini tidak ada lagi pengulangan dalam fit and proper test yang akan dilakukan oleh OJK kepada dua calon direktur utama Bank Kalsel. Sudah belajar dari kegagalan sebelumnya. Saya harap persiapannya sekarang jauh lebih baik,” terangnya.

Yus/inf

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed