oleh

Jawa Barat Juara Umum Drumband Piala Paman Birin Cup 2018

Kejuaraan Nasional Drum Band Senior Satuan Kecil 2018 yang digelar mulai 3-8 Desember 2018 di GOR Hasanudin berakhir dan ditutup, Sabtu (8/12).

Kejurnas yang diikuti oleh 11 tim dari 10 provinsi se-Indonesia. Berhasil menempatkan  Tim drum band Jawa Barat (Jabar) berhasil menjadi juara umum dan berhak mendapat uang pembinaan Rp 40 juta. Juara kedua diraih tim D.I. Yogyakarta dengan uang pembinaan Rp 30 juta, dan tim Provinsi Banten yang meraih juara ketiga diganjar uang pembinaan Rp 20 juta.

Ketua PDBI Pusat, Joko Sarwoko, berharap ajang kejurnas ini seharusnya jadi momen kemunculan tim drum band handal nasional yang beprestasi di ajang nasional dan internasional.

Dalam nomor Lomba Ketahanan Ketepatan Berbaris (LKKB) 6 ribu meter putri, medali emas diraih Kalimantan Tengah (Kalteng), perak diraih Kalimantan Selatan (Kalsel), dan Banten meraih perunggu.

Di nomor lomba LKKB 8 ribu meter putra, Kalsel meraih emas, Jawa Tengah meraih perak, dan perunggu diraih Jabar. Lomba LKKB 8 ribu meter mix, perunggu diraih Kalteng, perak digondol Banten, sementara emas direbut Yogyakarta.

Dari Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) putri 800 meter, medali perunggu diraih Kalsel 1, medali perak disabet Banten, dan medali emas digondol Jabar.

LBJP 800 meter putra, medali emas diraih Yogyakarta, perak Banten, dan perunggu Jabar. Dari nomor LBJP Campuran 800 meter, medali emas diraih Jabar, Banten meraih perak, dan Yogyakarta mendapat perunggu.

Kategori Lomba Baris Berbaris (LBB), medali emas diraih Jabar, perak diraih Banten, dan perunggu diraih oleh Kalteng. Di nomor lomba unjuk gelar, Banten meraih medali emas, Kalteng meraih perak, dan Jabar mendapat perunggu.

Penutupan kejurnas yang sedianya dilakukan pukul 16.00 WITA, sempat molor beberapa jam lantaran tim Provinsi Banten protes atas keputusan juri yang dinilai tak objektif.

Tim Banten ingin penjelasan lebih teknis dan spesifik terhadap hasil kejuaraan. “Kami menilai tim dewan juri kurang tegas, tak profesional dalam memberikan penilaian. Kewibawaan Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) dan juri dipertaruhkan,” kata Hari Doyo, Wakil Ketua Pengprov PDBI Banten. Atas sikap dewan juri, tim Banten menyatakan walk out dan tak mau menerima hadiah yang ditetapkan.

yus