oleh

OJK Serahkan Nama Calon Dirut Bank Kalsel Setelah Tes Wawancara

BANJARMASIN – Direktur Pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional IX Kalimantan, M Nurdin Subandi mengatakan, OJK pusat sudah memanggil dua calon Direktur Utama Bank Kalsel atas nama Anwari dan Agus Syabaruddin pada Senin dan Selasa (3-4/12/2018). Keduanya ikut fit and proper tes di Kantor Pusat OJK di Jakarta.

Pemegang saham Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan (Bank Kalsel) mengusulkan Agus Syabarudin dan Anwari untuk mengisi Dirut Bank Kalsel.

“Wawancaranya ada dari pihak eksternal dan dari Dewan Komisioner beranggotakan sembilan orang OJK, dalam hal ini (salah satunya) sebagai user Kepala Otoritas Jasa Keuangan Regional IX Kalimantan, Haryanto,” kata Nurdin Subandi kepada wartawan di Banjarmasin, Jumat (7/12/2018).

Setelah wawancara, pihaknya menunggu hasil tes wawancaranya keluar, yang akan disampaikan oleh dewan pengawas internal perbankan kepada Bank Kalsel. Dari situ, kata dia, akan siapa nama calon dirut yang disetujui dan tak disetujui untuk direkomendasi atau tidak direkomendasikan.

“Setelah ditetapkan calon dirutnya, maka calon dirut akan diusulkan kembali kepada pemegang saham untuk ditunjuk dua calon dirut yang ada, baru bisa ditetapkan sebagai dirut,” kata Nurdin Subandi.

Ia berharap hasil tes wawancara secepatnya dikirim ke Bank Kalsel, setalah ada proses. “Kami kurang tahu secara pasti. Yang jelas kurang lebih 10 hari kerja,” katanya.

Apabila mengacu 10 hari kerja pasca fit and proper test, maka paling lambat OJK sudah mengirim nama dirut terpilih pada 14 Desember 2018.

Lanjut Nurdin, sudah dilakukan klarifikasi dan tinggal menunggu hasilnya. Nurdin berkata, jika memang hasil tes wawancara ditetapkan dua nama calon Dirut Bank Kalsel, salah satu harus dipilih oleh pemegang saham mayoritas.

Calon Direktur Utama Bank Kalsel Anwari ketika dimintai komentarnya belum bersedia memberikan tanggapan. “Nantilah, tapi yang jelas kami pada hari Selasa (4/12) sudah memenuhi panggilan OJK untuk melakukan tes wawancara di Kantor Pusat OJK,” katanya.

rel/inf

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed