oleh

BK3S : Dibutuhkan Kepedulian dan Kepekaan Sosial

Dalam rangka menggerakkan partisipasi pilar sosial dan turut serta mengembangkan pembangunan kesejahteraan sosial di Kalsel. Kegiatan ini merupakan momen berkumpul para pegiat sosial seperti karang taruna, pekerja sosial masyarakat (PSM), dan organisasi sosial/ lembaga kesejahteraan sosial (Orsos/LKS). BADAN Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) Provinsi Kalsel melaksanakan seminar tentang penguatan pilar sosial, Senin (10/12/2018) di Gedung Mahligai.

Ketua BK3S Kalsel Dewi Damayanti Said mengatakan, para penggiat untuk terus bersinergitas dengan pemerintah daerah dalam merancang program kerja. Selama ini sudah terjalin dengan baik, sinergitas pemerintah daerah sangat diperlukan.

“Pemerintah tidak mungkin menyelesaikan permasalahan kesejahteraan sosial yang beragam dan semakin kompleks tanpa dukungan serta keterlibatan semua elemen masyarakat dalam rangka mewujudkan masyarakat Kalsel sejahtera,” katanya.

Menurut Sekretaris Daerah Kalsel Haris Makkie pada pembukaan seminar lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial di Kalsel, untuk mengatasi permasalahan kesejahteraan sosial itu diperlukan kesadaran sosial dari seluruh elemen masyarakat, khususnya pilar sosial untuk membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan.

“Dibutuhkan kepedulian dan solidaritas dari pilar sosial yang ada di Kalsel dalam rangka mengurangi permasalahan kesejahteraan sosial yang ada di tengah masyarakat,” paparnya.

Haris mengatakan, masyarakat memiliki kesempatan untuk aktif menangani persoalan kesejahteraan sosial, seperti mengikuti karang taruna (KT), pekerja sosial masyarakat (PSM), taruna siaga bencana (Tagana), tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK), penyuluh sosial, pendamping sosial, relawan sosial dan pramuka. Pekerjaan berat pemerintah untuk menangani permasalahan sosial, seperti kemiskinan bisa diatasi dengan mudah.

“Untuk mengatasi permasalahan kesejahteraan sosial itu diperlukan kesadaran sosial dari seluruh elemen masyarakat, khususnya pilar sosial untuk membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan sosial,” ujarnya.

yus/inf

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed