oleh

POPDA Kalsel Kembali Digelar Ada Sepuluh Cabang Olahraga Dipertandingkan

Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Kalsel kembali digelar tahun ini. Ada sepuluh cabang olahraga dipertandingkan pada even yang diselenggarakan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel.
“Setelah rapat koordinasi dengan Dispora se Kalsel, akhirnya disepakati sepuluh cabang olahraga yang akan dipertandingkan diperhelatan Popda 2019,” ungkap Kepala Bidang Olahraga Prestasi Dispora Kalsel, Mujiyat, Minggu 913/1/2019).

Keseluruhan cabang olahraga tersebut, lanjutnya, yakni judo, tinju, gulat, atletik, karate, renang, dayung, panahan, voli pasir, dan taekwondo. “Pertandinganya kemungkinan besar menggunakan venue-venu yang ada di Banjarmasin,” jelasnya.

Semula, sambungnya, setelah Tanah Bumbu (Tanbu) menjadi tuan rumah Popda 2018, giliran Hulu Sungai Selatan (HSS) sebagai penyelengara Popda 2019. Namun sesuatu hal, Kandangan berhalangan dan pelaksanaannya pun diambil alih Dispora Kalsel.

“Semula, Popda ditangani Dispora. Tetapi belakangan ada keinginan, Popda dilaksanakan secara bergiliran disetiap kabupaten dan kota. Bagaimanpun juga Popda tetap harus dilaksanakan setiap tahun,” ujarnya.

Atlet pelajar yang ada di kabupaten dan kota, lanjutnya, merupakan aset olahraga masa depan Kalsel. “Perhelatan Popda merupakan wadah bagi pelajar untuk bersaing dan menunjukan potensi terbaik yang dimiliki,” katanya.

Melalui Popda, ditambahkannya, Dispora Kalsel akan menjaring atlet terbaik yang bakal dikirim ke Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) 2021 mendatang. “Disamping itu, bagi atlet yang potensial berpeluang untuk diproyeksi mengikuti even nasional lainnya. Bisa jadi diikutkan pada babak kualifikasi PON nantinya,” ujarnya.

yus/inf

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed