oleh

Pelaksanaan dan pengawasan Empat Pilar Kebangsaan Tugas Kita Bersama

Plaihari–Info Banua.Dalam hidup berbangsa dan bernegara sendi sendi yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan perlu terus diingatkan oleh semua golongan. Terutama golongan yang mengenyam pendidikan formal yang mana mendapatkan pendidikan mengenai Pancasila dan Kewarganegaraan,kata Anggota MPR RI Antung Fatmawati saat menggelar kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan bersama masyarakat Desa Trita Jaya, Kecamatan. Bajuin Kabupaten Tanah Laut,Minggu (20/1/2019).

Menurutnya semua elemen haruslah turut serta,tidak terkecuali pejabat di seluruh tingkatan di negeri ini. Pejabat publik dalam hal ini wakil rakyat salah satunya, berperan dalam menyebarkan dan terus mensosialisasikan tentang empat pilar kebangsaan.

Apalagi saat dengan maraknya isu – isu perpecahan,membuat bangsa kita terancam keutuhannya. Bangsa kita sedang terkoyak, dari luar kita dijadikan sasaran penghisapan oleh kepentingan asing, sementara di dalam, kita masih terpuruk dengan benang kusut budaya korupsi anggaran negara, kerusuhan sosial dan konflik horizontal, lemahnya taraf hidup masyarakat, minimnya akses pendidikan dan kesehatan, juga belitan persoalan lainnya,kata Antung Fatmawati.

 

Pancasilasebagai gagasan pencerah semestinya dapatlah kembali menginsprasi jiwa kita secara utuh sebagai Bangsa merdeka yang punya kemampuan untuk mewujudkan cita-cita nasional tentang Bangsa Indonesia yang berdaulat, mandiri, berkepriadian, adil dan makmur.

“Empat pilar kebangsaan merupakan suatu perwujudan dari kesepakatan dan sadar akan persamaan nasib para pendahulu bangsa untuk mencari titik temu nilai – nilai yang berakar dari nilai luhur bangsa. Pada hakikatnya secara umum ada beberapa aspek dari demokrasi yang tidak sejalan atau bahkan bertentangan dengan nilai luhur kebudayaan bangsa Indonesia. Namun kekurangan tersebut seakan tidak kentara dan semakin disempurnakan dengan adanya Pancasila dalam sistem demokrasi di Indonesia,”jelasnya.

 

Pemerintah bersinergi dengan masyarakat untuk mengembalikan dan memulihkan ideologi pada bangsa ini tentang pentingnya empat pilar kebangsaan. Penerapan dapat dilakukan dengan semua cara dan oleh semua pihak.

Dalam pelaksanaan,pensosialisasin dan pengawasan Empat Pilar Kebangsaan Tugas kita bersama,karena ini merupakan ideologi dasar negara kita yang tidak boleh hilang,dan menjadi dasar kita semua dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sehari hari,pungkas Anggita DPD RI Daerah Pemilihan Kalimantan Selatan ini.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed