oleh

Jaminan Kesehatan Di Tangan, Semua Aman

BANJARMASIN – Sieska Arianti (33) seorang Human Resources Development (HRD) sebuah perusahaan swasta di kota Banjarmasin, memiliki tanggungjawab untuk memastikan hak dan kewajiban karyawan di lingkungan kerjanya terpenuhi. Kesejahteraan pegawai pastinya menjadi salah satu perhatian HRD dari setiap perusahaan, karena hal ini akan berdampak pada produktifitas pegawai serta lingkungan kerja yang kondusif dan nyaman.

Sieska mengatakan jaminan kesehatan merupakan salah satu kesejahteraan pegawai yang sangatlah penting bagi setiap perusahaan.
“Bagaimana tidak, apabila ada pegawai yang sakit dan kesulitan untuk berobat, hal itu akan berdampak juga kepada perusahaan itu sendiri. Produktifitas dari perusahaan pastinya akan menurun apabila pegawai tersebut tidak dapat hadir dikarenakan mengalami sakit yang berkepanjangan.” Kata Sieska.

Oleh karenanya, semenjak awal Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) diselenggarakan, perusahaannya langsung mendaftarkan pegawainya sebagai peserta JKN-KIS. Perkembangan Program JKN-KIS pun ia rasakan karena untuk mengurus kepesertaan setiap pegawainya sudah menjadi bagian dari kewajibannya.

“Memang sudah sangat berbeda sekali dibandingkan dengan awal Program ini diselenggarakan, kami dulu harus memberikan waktu dan tenaga yang lebih untuk mengurus kepesertaan JKN-KIS karyawan kami, baik update data tambahan anggota keluarga atau hanya untuk mengganti Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) saja. Mengikuti perkembangan teknologi, BPJS Kesehatan pun selalu memberikan inovasi-inovasi untuk memudahkan kami dalam pengurusan kepesertaan JKN-KIS. Sekarang saja ada aplikasi mobile JKN dan E-Dabu, tidak perlu repot-repot ke kantor BPJS Kesehatan, saya dari kantor saja bisa langsung memenuhi kebutuhan karyawan kami dalam pengurusan Program JKN-KIS ini.” Ujar Sieska.

Selain membagikan pengalamannya dalam pengurusan kepesertaan Program JKN-KIS, Sieska juga membagikan pengalamannya saat menggunakan KIS nya untuk berobat di salah satu dokter keluarga di tempat ia terdaftar.

“Pernah saya berobat dengan menggunakan kartu KIS ini, waktu itu saya merasa agak sedikit demam dan sakit kepala yang luar biasa, akhirnya saya mencoba pergi ke dokter dengan menggunakan kartu KIS ini. Alhamdulillah pelayanannya sangat baik dan untungnya sakit yang saya alami pun bisa langsung ditangani tanpa harus di rujuk ke rumah sakit. Karyawan di sini juga pernah cerita pengalamannya ke saya saat melahirkan menggunakan kartu KIS ini. Seluruh biaya persalinan ditanggung dan tidak mengeluarkan uang sepeser pun. Pelayanan yang diterimanya juga sangat baik.” Tambah Sieska.

Di akhir pertemuan Sieska menyampaikan harapannya agar Program ini dapat terus sukses dan semakin baik karena program ini merupakan program mulia yang hadir untuk bisa menolong semua orang. (KA/gn).

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed