oleh

SKPD Dilatih Sistem Monitoring Cegah Narkoba

BATULICIN – Sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)  Kabupaten Tanah Bumbu dilatih sistem monitoring pencegahan Narkoba.
Kegiatan ini bertujuan untuk memantau sejauh mana Rencana Aksi Nasional Pemberantasan Penanggulangan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN)bisa berjalan ditiap SKPD.
“Melalui pelatihan ini maka para SKPD akan mengetahui sistem  pelaporan yang dibuat terkait pemantauan RAN P4GN yang sudah masuk kedalam  sebuah aplikasi,”kata Kasi Umum BNNP Kalsel H. Berkatullah. Saat menjadi narasumber pelatihan di Aula PKK Senin (28/1).
Dia mengungkapkan, dalam rangka RAN P4GN  diawali dengan penghimpunan data RAN yang sudah dilakukan SKPD melalui Kesbangpol Kabupaten yang menjadi tempat penghimpun data tersebut.
“Data RAN   akan dilaporkan ke Staf Presiden melalui BNNP, maka disitu akan terpantau  tentang seberapa jauh wilayah nya bebas dari Narkoba,”terangnya.
Menurutnya, yang harus di waspadai adalah garis merah dalam pantauan Kantor Staf Presiden. Kerena ini akan menjadi raport bagi Bupati hingga   kebawahnya  dalam hal ini pihak SKPD.
“Antisipasinya fokus  RAN pertama adalah kewajiban  tes urien ditiap SKPD, sementara bagaimana mengatakan daerah bebas narkoba kalau tes uriennya sangat minim,”tutupnya.
Senada dikatakan Kepala Kantor Kesatuan Bangsa Dan Politik Kesbangpol Kab.Tanah Bumbu Darmiadi MAP. Penekanan pada RAN  adalah membentuk Satgas anti Narkoba untuk mendukung pelaksanaan tes urien ditiap SKPD.
“Melalui Satgas  Narkoba akan lebih terpantau kerena dalam pencegahan tentunya lebih fokus pada tes urien di tiap SKPD,” jelasnya.(Ron)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed