oleh

KRI Fatahillah 361 Singgah di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin

BANJARMASIN – Selama 40 tahun keberadaan KRI Fatahillah 361 melakukan patroli dan keliling Indonesia, baru pertama kali kapal ini singgah di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Hal tersebut dikatakan Sekda Provinsi Kalsel, Abdul Haris menyambut Kapal Republik Indonesua (KRI) Fatahillah 361 yang bersandar di Terminal Penumpang Trisakti Bandarmasih, Kamis (7/2). Kunjungan ke KRI Fatahillah didampingi Komandan Lanal Banjarmasin, Kolonel Laut (P) Wijayanto dan Manager Terminal Penumpang dan Barang PT Pelindo III (Persero) Banjarmasin Jasrin.

KRI Fatahillah dengan nomor lambung 361 di pimpin Komandan Letkol Laut (P) Sandy Kurniawan. KRI Fatahillah dari TNI Angkatan Laut tersebut meskipun dengan peralatan seperti itu tetap semangat mempertahankan kedaulatan kesatuan RI, karenanya semangat itu harus diwujudkan dengan pembangunan saat ini. apalagi di Kalimantan dulu pernah menjadi Divisi IV ALRI.

Komandan KRI Fatahillah Letkol Laut (P) Sandy Kurniawan mengatakan, kedatangannya ke Banjarmasin mampir saja karena akan bertugas ke operasi di perbatansan RI-Filipina. KRI Fatahilah merupakan jenis kapal perang anti kapal selam, anti permukaan dan anti udara. Kapal ini berpeluru kendali dua buah di bagian depan dan belakang.

Kapal ini juga memiliki alat pemadam kebakaran, namun sejatinya memang setiap kapal harus memiliki safety seperti komper dan baju anti api untuk kondisi mergencu seperti kebakaran maupun kondisi darurat lainnya. Dan beberapa petugas juga memperagakan bagaimana mengoperasionalkan peralatan pemadaman tersebut.

Menurut Komandan Kolonel Laut (P) Wijayanto, bagi masyarakat dan pelajar yang ingin mengetahui lebih dekat tentang KRI Fatahilah 361 selama sandar, masyarakat bisa berkunjung dan melihat di dermaga penumpang Trisakti Banjarmasin. “Kami membuka open ship dari Jumat pagi mulai pukul 08.00 sampai 17.00. Untuk Jumat sampai pukul 15.00 Wita.

Ayi/inf