Gubernur Kalsel Bertekad Wujudkan Kalsel Sehat

oleh -4 views

BANJARMASIN – Terdapat lima prioritas kesehatan yang saat ini menjadi perhatian khusus. Yakni upaya penurunan tingkat stunting, pencegahan penyakit tuberkolosis, penurunan angka kematian ibu dan percepatan pengendalian penyakit tidak menular.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalsel, M Muslim dalam laporannya pada Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) se–Kalsel, Selasa (5/3/2019) di Hotel Rattan Inn Banjarmasin.

“Kondisi demikian diperlukan koordinasi dengan dinas kesehatan kabupaten kota dan instansi terkait lainnya,” jelas Muslim.

Kegiatan ini dihadiri Menteri Kesehatan, Prof Nila Djuwita F Moeloek didampingi gubernur Kalsel H Sahbirin Noor. Tema Rakerkesda Kalsel ini Kolaborasi kebijakan pemerintah pusat dan daerah bergerak untuk mewujudkan Kalsel sehat. Yang bertujuan untuk mengevaluasi dan mengantisipasi isu-isu stertegis, sehingga dapat tersusun dalam dokumen kesehatan di kabupaten/kota juga provinsi.

Sementara Gubernur H Sahbirin Noor mengatakan bersyukur sebab semua kabupaten/kota di Kalsel sudah mempelihatkan kondisi kesehatan masyarakat yang baik. Hal inilah yang dinamakan Bergerak untuk mewujudkan Kalsel sehat.
Berdasarkan data yang ada tahun 2018 Angka Kematian Ibu (AKI) mencapai 108 dengan prediksi 135 dari 100 ribu kelahiran hidup. Angka Kematian Bayi (AKB) tercapai 10 dari target 33 per seribu kelahiran hidup.

“Angka kematian balita (Akaba) 2018 sebesar 11 per seribu kelahiran hidup dari target 25 per seribu kelahiran hidup. Prevalensi stunting pada 2018 terealisasi sebesar 31,5 persen dari target 34 persen,” ujarnya.

ida/IB

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.