oleh

IWO Kalsel: Rakernas Menguatkan Profesionalisme Wartawan Online

Ikatan Wartawan Online (IWO) akan menggelar Rapat Kerja Nasional pertama (Rakernas I) di Depok, Jawa Barat pada Senin-Selasa, 11-12 Maret 2019. Kegiatan akbar tersebut akan dihadiri seluruh pengurus IWO provinsi dan kabupaten/kota yang tersebar di Indonesia.

Terkait Rakernas tersebut, Ketua IWO Kalsel Anang Fadhilah berharap momen Rakernas dijadikan momentum dan menguatkan peran IWO sebagai organisasi yang menghimpun profesi wartawan yang bekerja di media online.

Menurutnya, di era teknologi industri 4.0 ini banyak hal yang harus disikapi oleh IWO terutama dalam meningkatkan profesionalitas anggotanya. Maraknya hoax, kata Pemimpin Redaksi portal online baritopost.co.id ini, adalah salah satu masalah terbesar yang harus dihadapi saat ini.

“IWO harus hadir untuk memberikan pencerahan yang edukatif kepada masyarakat agar bermanfaat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Anang.

Selain itu, lanjut Anang, IWO juga harus menelurkan program yang dapat berkontribusi dalam memperjuangkan kebebasan pers. “IWO Kalsel siap bergerak untuk tujuan tersebut karena ini sesuai visi IWO yakni terwujudnya kebebasan pers yang profesional dan sejahtera dengan menjunjung tinggi azas demokrasi,” ungkapnya.

Kata Anang, pada kegiatan Rakernas I juga digelar talkshow bertajuk “Wartawan di Era Perkembangan Teknologi Komunikasi 4.0”. Dengan menghadirkan narasumber Menteri Komunikasi dan Informasi, Karo Multimedia Polri, serta pimpinan Dewan Pers.

IWO didirikan pada 8 Agustus 2012 di Jakarta dan telah memiliki pengurus cabang tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Saat ini Pengurus Pusat IWO diketuai oleh Jodhi Yudono, editor senior Kompas.com.

Dewan Etik/Pembina PW IWO Kalsel Yanto Brahma didampingi Pj Sekretaris IWO Kalsel Asyikin dari jejakrekam.com berharap, momentum rakernas akan menyolidkan sesama wartawan online yang tersebar diseluruh Indonesia.

“Komitmen memerangi hoax. Karena hoax ini sangat bahaya yang dapat memecah belah bangsa, dan IWO sejak awal komitmen hadir sebagai pencerah,” kata Pemimpin Redaksi banuapost.net yang juga mantan Pemred Metro Banjar dan tabloid Bebas itu.

idayusnita

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed