oleh

Paman Birin Ajak Pemilih Pemula Gunakan Hak Pilih untuk Sukseskan Pemilu

BANJARMASIN – Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengatakan, pada Pemilu 2019 diharapkan berjalan lancar dan aman. Untuk itu Paman Birin mengajak pemilik hak suara untuk datang ke TPS dan memberikan suara politiknya. “Suara kalian dan satu suara pun sangat berharga sekali untuk bangsa Indonesia,” katanya.

Kata Gubernur, generasi muda untuk tidak menyebarkan fitnah dan informasi hoax. “Hendaknya semua pihak terlibat aktif mencari solusi dengan tujuan menyelamatkan pemilih pemula agar tidak golput atau kehilangan hak pilihnya pada Pemilu 2019,” katanya.

Sementara Kepala Kesbangpol Kalsel Adi Santoso mengatakan, kegiatan ini dalam rangka membantu pemerintah untuk meningkatkan partisipasi pemilih. “Pelajar menjadi sasaran, karena sebagai pemilih pemula yang akan mengikuti pesta demokrasi pada 17 April tahun 2019 nanti, khususnya yang sudah memasuki usia 17 tahun ke atas sesuai dengan undang-undang Pemilu,” katanya.

Menurut Adi, kegiatan sosialisasi Pemilu kepada pelajar untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula dalam mengikuti Pemilu 2019. “Basis pemilih pemula merupakan pemilih potensial yang akan memberikan hak pilihnya pada 17 April 2019,” katanya.

Data-data menyebutkan mengenai  jumlah pemilih pemula beragam, namun secara nasional menurut KPU jumlah pemilih pemula berjumlah  sekitar 7 juta jiwa dari  total pemilih yang mencapai 196,5 juta jiwa. Sementara itu ada sekitar 100 ribu orang pemilih pemula yang ada di provinsi Kalsel. Pemilih pemula ini paling banyak ada di Kabupaten Banjar dengan jumlah 31.512 jiwa. Disusul Kabupaten HST sebanyak 16.037 jiwa, disusul Kabupaten Kabupaten Tapin sebanyak 12.485 jiwa.

Ida/IB

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed