oleh

Polres HSU Gelar Apel Gelar Pasukan dan Sispam Kota

Dalam rangka menghadapi konflik sosial dan penanganan Pemilu Tahun 2019, di wilayah Hukum Polres HSU, Kabupaten HSU, Kalimantan Selatan Polres HSU menggelar simulasi Sistem Pengamanan (Sispam) Kota Operasi Mantap Brata Intan.Kegiatan simulasi Sispam Kota yang berlangsung di area Stadion Karias Amuntai menampilkan sejumlah kesiapan maupun kemampuan personil dalam menghadapi gangguan maupun ancaman yang mungkin terjadi saat pesta demokrasi nantinya. Sejumlah kelompok massa melakukan aksi unjuk rasa dengan anarkis dalam simulasi Sispam Kota yang di gelar Polres HSU, Jumat (22/03/2019).

Kepala Kepolisian Resort HSU AKBP Ahmad Arief Sopiyan, SIK mengatakan, bahwa kesiapan yang dilakukan oleh personil Polres HSU ini, tujuannya adalah merupakan salah satu menunjukan kemampuan maupun kesiapan wilayah Polres HSU dalam melaksanakan Sispam Kota itu sendiri dalam menghadapi gangguan maupun ancaman yang mungkin terjadi saat pesta demokrasi.

“Dalam hal ini kami ingin menunjukan daripada kesiapan wilayah Polres HSU dalam melaksanakan Sispam Kota. Kita bisa lihat, siapa nantinya yang berbuat, kita harus tahu betul apa yang harus dilakukan apabila terjadi sesuatu gangguan. Memang kita tidak mengingikan gangguan itu, tapi kita terus waspada apabila itu terjadi dan kita sudah siap,” terang kapolres.

Kapolres mengharapkan, kepada seluruh elemen masyarakat dapat saling mengikat satu sama lainnya, dalam menjaga dan mensukseskan pemilu 2019 yang akan digelar pada 17 April, agar bisa berjalan dengan aman, lancar, damai dan nyaman.

“Sehingga Pemilu bisa benar-benar aman dan masyarakat pun tidak perlu takut saat datang ke TPS (Tempat Pemungutan Suara) untuk mencoblos pilihannya,” tandasnya.

Adapun sejumlah adegan simulasi Sispam Kota dipragakan, mulai dari kesiapan peralatan, kemampuan personil, pengamanan kotak suara, berlangsungnya pencoblosan, hingga pengamanan di sejumlah titik-titik rawan akan bahaya gangguan maupun ancaman terjadi.

Selain itu, penanganan juga dilakukan untuk menghadapi kerusuhan maupun adanya sekelompok massa melakukan aksi unjuk rasa dengan anarkis hingga sampai dilakukan tindakan tegas oleh petugas.

Sebelum simulasi Simpamkota diadakan Apel gelar pasukan dan Penyerahan dan Penandatanganan berita acara serah terima anggota linmas dari pemda Kabupaten HSU sebanyak 1494 orang,diserahkan oleh Bupati HSU Kepada Kapolres HSU,Penyerahan berita acara merupakan tanda bahwa Linmas siap membantu pengamanan penyelenggaraan pemilu 2019

Rel/IB

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed