oleh

Pergerakan Sarinah Banua Dukung dan Menangkan dr Hj Rosiyati HM Thamrin SE MM jadi Anggota DPR RI

Barabai– Peran dan fungsi perempuan di kancah perpolitikan diharapkan semakin diperkuat dan diperhatikan. Keterwakilan kaum ibu di partai politik, pemerintahan, dan jabatan pemangku kebijakan lainnya, harus diperhitungkan.

Kaukus Perempuan Banua (KPB) Hj Mariatul Kiftiah MSi menilai, penguatan peran dan kapasitas perempuan baik di parlemen maupun di pemerintahan harus didasarkan pada suatu sistem, bukan didasarkan pada pribadi atau perorangan.

“Representasi perempuan di kementerian dan parlemen harus bisa menyuarakan persoalan diskriminasi dan kesetaraan terhadap perempuan. Namun kenyataannya masih banyak kendala-kendala, seperti kebijakan partai yang belum memiliki sudut pandang kesetaraan gender,” ujarnya, Kamis (28/3/2019).

Idealnya, kata Maria, seorang politikus perempuan juga bisa independen, dan bahkan bicara atas nama partai.

Maria berharap perempuan dari banua Kalsel bisa muncul dan terpilih menjadi wakil perempuan banua terpilih jadi anggota DPR RI pada Pemilu pileg tahun 2019 ini. Sosok itu ada pada akademisi asli banu Dr Hj Rosiyati MH Thamrin SE MM caleg DPR RI dari PDIP nomor urut 3 Dapil Kalsel 1.

“Lewat pengalamannya pernah jadi anggota DPRD di Papua, dosen serta pengusaha. Hj Rosiyati yang masih juriat Syech Arsyad Al Banjari ini dapat memberikan kontribusi nyata berupa solusi dalam bentuk program dan kebijakan. Pasalnya, Maria menekankan, seluruh pihak di legislatif dan eksekutif mempunyai kompetensi, dedikasi, komitmen dalam memperjuangkan kepentingan kaum perempuan.

“Caleg perempuan diharapkan akan mampu menguatkan negara dan bangsa apabila ada keseimbangan dalam kedudukan dan kesetaraan,” ujarnya.

Sementara Wakil Ketua DPP Bidang Perempuan Sri Rahayu mengatakan, PDIP saat ini sudah memenuhi kuota keterwakilan perempuan sebanyak 30%  caleg perempuan. Diharapkan dengan adanya sistim suara terbanyak. Caleg perempuan PDIP di seluruh Indonesia punya peluang guna mendapatkan suara. “Karena rata-rata caleg perempuan PDIP suka blusukan dan sangat bisa melakukan kampanye door to door sehingga pemilih lebih dekat dan sangat mengenal figure caleg perempuan PDIP,” katanya.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed