oleh

Keren, RSUD Ulin Raih Akreditasi Bintang Lima

Banjarmasin- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin berhasil meraih akreditasi bintang lima berpredikat Paripurna yang diberikan Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), Senin (20/5/2019).

 

Komisi Akredirasi Rumah Sakit (KARS) menetapkan tiga syarat baru dalam pemenuhan akreditasi Rumah Sakit. Tiga syarat baru itu di antaranya tiap-tiap RS harus memiliki layanan Geriatri untuk pasien lanjut usia (lansia), Pola Penggunaan Rasional Antibiotik (PPRA) dan terakhir RS terintegrasi pendidikan dan pelayanan, ini khususnya RS pemerintah. Ketiga syarat itu dipenuhi oleh RSUD Ulin Banjarmasin.

 

Capaian tersebut merupakan hasil kerja keras dan kerjasama seluruh keluarga besar RSUD Ulin Banjarmasin. Karena mampu memenuhi seleksi dan penilaian dari KARS. Hasil ini keberhasilan bersama,” kata Direktur RSUD Ulin dr Hj Suciati, Selasa (21/5/2019).

 

Kata Suci, proses penilaian yang dilaksanakan para peneliti KARS di RSUD Ulin Banjarmasin dilakukan selama dua hari Senin (29/4/2019) hingga Selasa (30/4/2019).

 

“Alhamdulilah, RSUD Ulin dinilai telah memenuhi dan melampaui indikator nilai 80 di semua aspek penilaian,” katanya.

 

Dengan adanya sertipikat ini tentu saja pelayanan RSUD Ulin mendapat pengakuan bahwa pelayanan, keahlian dan segala aspek di RSUD Ulin Banjarmasin sudah memenuhi standar yang diakui. .

 

“Untuk penilaian versi SNARS 1 pada Rumah Sakit Kelas A yang mendapatkan akreditasi bintang lima dan predikat Paripurna baru RSUD Ulin Banjarmasin di Kalsel ini,” katanya.

 

Menurut Suci, pihaknya usai mendapat penghargaan tentu akan terus meningkatkan kualitas layanan. Karena pihak KARS setiap tahun akan terus melakukan evaluasi. “Jika dalam perjalanannya kinerja RSUD Ulin menyimpang, tentu saja ada indikator-indikator penilaian yang tak lagi sesuai, sertipikat bisa saja dapat ditarik kembali,” ujarnya. .

 

Mensiasati agar kinerja layanan tetap berjalan dengan baik, guna menghindari penurunan performa dan indikator penilaian. RSUD Ulin  rutin menggelar lomba mutu pada tiap unit-unit. Dengan adanya lomba-lomba mutu pelayanan setiap triwulan. Setiap unit termasuk poli rawat jalan, rawat inap, instalasi-instasali diadakan lomba, supaya indikator penilaian akreditasi jadi membudaya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed