oleh

Tiga Desa Kecamatan Tualan Hulu Terendam Banjir, Aktivitas Warga Terganggu

Sampit – Tingginya volume debet air hujan yang menguyur tiga desa dikecamatan Tualan Hulu, akibatnya desa tersebut terendam banjir yang menurut mereka sudah menjadi langganan pada setiap tahunnya dan aktivitas warga pun terhenti. Tiga desa yang terendam banjir tersebut diantaranya Luwuk Sampun, Tumbang Mujam dan desa Merah.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Ir.M Yusuf melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Senin (10/6/2019) Yephi Hartadi Periyanto ketika dihubungi Infobanua via telpon selularnya mengatakan bahwa, kedalaman air yang meredam tiga desa tersebut antara 50 cm sampai 150 cm akan tetapi kelihatannya tinggi air sudah mulai turun surut.
Ditambahkan Yephi, mereka belum pegang data akurat berapa jumlah KK yang rumahnya terendam air. Namun dari tiga desa ini belum ada warganya yang mengungsi ketempat yang lebih aman, tentang bantuan untuk warga yang rumahnya terendam air BPBD di Sampit masih menunggu data dari pihak kecamatan.

“Biasanya kalau ada banjir semacama ini ,tidak ada warga yang mengungsi.” ujar Yetpi singkat.

Sementara Kades Lubuk Sampun, Warsono yang juga merupakan salah satu desanya yang terendam banjir menuturkan bahwa, ada lima Rt yang parah itu ada di Rt 1 sekitar 9 KK dan desa dibantu dengan perangkat desa sekarang sedang mendata dan nantinya akan dikirim kepada pihak kecamatan.

“Untuk sementara ini desa kami belum ada menerima bantuan, dan bagi warga yang rumahnya terendam banjir sebagian ada yang mengungsi ketempat keluarganya yang rumahnya lebih tinggi.” ujar Warsono Senin ((10/6/2019).

Warsono berharap musibah banjir ini yang menimpa warganya desa Luwuk Sampun, kecamatan Tualan Hulu, air cepat surut agar warga kembali bisa beraktivitas seperti biasa. Diakui Warsono dirinya sangat sedih kalau melihat warganya mendapat musibat semacam banjir ini, ia pun berharap bantuan tenaga medis dan bantuan bahan makanan untuk warga yang terdampak langsung kena banjir ini.

“Biasanya penyakit gatal gatal dan diare setelah air surut.” terangnya.

Nal/IB.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed