oleh

Kapolresta Banjarmasin Prihatin Penyalah Gunaan Lem Fox untuk Mabuk Marak

BANJARMASIN, INFO BANUA.- Maraknya pemakaian lem di kalangan anak-anak di bawah umur kini sudah meraja rela pasalnya lem yang di pakai untuk di hirup itu kini bisa di beli di mana saja apa lagi yang membelinya anak-anak di bawah umur dan untuk di salah gunakan seperti di hirup-hirup agar menimbulkan efek mabuk.

Kapolres Kalimantan Selatan AKBP Sumarto menyampaikan, persoalan obat-obatan yang memabukkan yang kerap dilakukan anak remaja dibawah umur jadi atensinya. Pihaknya akan lakukan rehab agar anak anak tidak terjerumus lagi.

“Polresta gencar lakukan patroli siang malam melakukan penyisiran. Jadi kalau ada yang mencurigakan kita bubarkan suruh pulang kebanyakan siang hari di dermaga Pasar Baru tempatnya dekat Pasar Baru Dermaga Pasar Baru itu disana banyak anak-anak jalanan yang di bawah umur yang menggunakan lem,” katanya Rabu.

Kata Sumarto, remaja yang terjerumus itu tidak bersalah mereka hanya korban dari penyalahgunaan pemakaian saja, Karena saat ini banyak dijual bebas di toko-toko bangunan sehingga banyak yang salah membeli apa lagi dipakai untuk ngelem”. Jadi ini butuh kerjasama juga dengan para orang tua Begitu juga dengan yang jualan harus dikendalikan biar mereka tidak asal jual,” ujarnya.

Sumarto mengatakan, memang banyak dijual bebas diperuntukan untuk apa untuk ngelam, tapi untuk peninjauan ke toko-toko sudah kita lakukan ini kita lagi kerjasama dengan dinas dinas terkait. “Paling tidak untuk mengendalikan peredaran lem ini di toko-toko kecil tadi lebih-lebih diperhatikan. Siapa saja yang membeli harus dicek apakah anak anak atau remaja. Kalau nanti yang beli ini bakal dipakai ngelem ya jangan dijual,” katanya.

Sumarto bahkan mengaku ikut kelling ke Taman Kamboja, siring serta lokasi lainnya untuk melakukan pengamatan dan sosialisasi kepada remaja. “Saya sudah keliling tak ada lagi penyebaran anak punk dan tadi sore juga saya masih jalan melewati siring,” katanya.

Febri

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed