oleh

Posko-I Kodim Kandangan Dibuka Danrem 101 Antasari

KANDANGAN – Mengangkat tema “Kodim 1003 Kandangan melaksanakan operasi bantuan kepada Pemkab HSS dalam rangka operasi penanggulangan karhutla”, dan merupakan tindak lanjut dari gerakan penanggulangan Karhutla secara nasional yang dicanangkan pemerintah pusat beberapa waktu yang lalu. Komandan Komando Resor Militer (Danrem) 101/Antasari Banjarmasin Kolonel Infanteri Mohammad Syech Ismed membuka Latihan Posko-I Antasari Bhakti XXXVIII tahun 2019 Komando Distrik Militer (Kodim) 1003 Kandangan di Aula Makodim.

Hal tersebut dikatakan Komandan Komando Resor Militer (Danrem) 101/Antasari Banjarmasin Kolonel Infanteri Mohammad Syech Ismed Rabu (18/6/2019) pagi, latihan Posko I yang digelar Kodim Kandangan adalah cara latihan taktis tanpa pasukan, untuk memelihara dan meningkatkan hubungan kerja dalam melaksanakan komando operasi yang mencakup keterpaduan, kerjasama dan koordinasi dengan kelembagaan terkait pada penanggulangan bencana daerah.

Menurut Ismed, salah satu fungsi TNI dalam melaksanakan operasi militer di luar perang atau pertahanan negara, yakni membantu pemerintah daerah dalam menanggulangi bencana alam, pengungsian dan bantuan kemanusiaan, sudah diatur dalam Undang-undang, TNI tergabung dalam Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

“Peserta latihan agar memanfaatkan waktu latihan dengan seoptimal mungkin, penuh semangat dan motivasi tinggi, sehingga  Latihan Posko – 1  Kodim 1003 Kandangan dapat berhasil sesuai dengan tujuan dan sasaran yang diharapkan,” ujar Ismed dalam sambutannya.

Ismed menjelaskan, latihan ini untuk mencapai profesionalisme dan bahan evaluasi untuk perbaikan dalam pelaksanaan tugas di masa yang akan datang dan mengikuti materi latihan ini secara utuh dengan serius.

Serta pengembangan materi latihan teritorial sesuai klasifikasi daerah, dengan melibatkan instansi terkait dalam rangka terwujudnya pertahanan kewilayahan. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk Latihan Posko I Antasari Bhakti 38 Kodim 1003 Kandangan Tahun 2019, yang diikuti oleh seluruh jajaran Prajurit TNI dan Sipil yang ada di lingkup teretorial Kodim 1003 Kandangan.

Ditambahkan Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, bupati, dandim dan kapolres  sebagai ketua Satuan Tugas (Satgas) penanggulangan bencana di tingkat kabupaten.

“Kita berharap di HSS agar tidak terjadi bencana karhutla dengan meningkatkan kewaspadaan,” kata Syamsuri didampingi Dandim Kandangan Letkol Infanteri Suhardi Aji Sriwijayanto.

Yus/IB

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed