oleh

Momen Harganas Berkah Bagi Pedagang di Martapura

Martapura – Momen Harganas 2019 yang digelar di Kota Banjarbaru 3-6 Juli 2019. Nampaknya mendatangkan berkah tersendiri bagi pedagang yang ada di Pasar Cahaya Bumi Selamat – yang menjual aneka cinderamata khas banua. Mulai batu permata, intan, batu akik, kain, makanan dll.

Pantauan infobanua.co.id, pertokoan permata Cahaya Bumi Selamat atau CBS di penuhi oleh mobil rombongana para peserta Harganas yang memang datang dari seluruh Indonesia ini. Terutama didominasi para emak-emak atau ibu-ibu yang ingin berbelanja permata dan aneka bebatuan ,produk kerajinan,kain,camilan hingga fashion.
Bahkan satu orang terlihat membawa 5 tas belanja sekaligus.

Ketika ditanyakan kepada para pedagang produk apa saja yg di beli mereka bilang lebih banyak produk yg mempunyai ciri khas seperti permata,batu kecubung,kerajinan batu aji,kain sasirangan dan mandau hias.

Disebuah toko tampak pegawai toko kewalahan diserbu ibu-ibu yang ingin belanja. Seperti penuturan Pertiwi dari Provinsi Lampung yang membeli 4 jenis kain sasirangan.

Ditanya kenapa memilih sasirangan untuk hadiah cendramata buat keluarganya dan dirinya sudah lama ingin beli kain sasirangan. “Kain sasirangan di Kota Bandar Lampung lumayan mahal. Maka kesempatan ini dimanfaatkan untuk membeli,” katanya.

Beda lagi dengan Martin dari Papua, bapak 4 anak ini justru membeli pisau bentuk Mandau hias dan kalung manik-manik.

“Kami jatuh cinta saat melihatnya dan kalung manik ini buat hadiah puteri-puterinya,” katanya.

Tak jauh berbeda dengan para pedagang makanan dan minuman atau warung makan dipenuhi para peserta yg ingin mencicipi kuliner khas Kalsel. Mereka rela antri untuk mendapatkan tempat duduk.

Disisi lain, masih saja ada juga ulah oknum pedagang warung makan yang menaikan harga tak seperti biasanya.
Seperti yang dikeluhkan Veronica dari NTT.

“Aduh makanannya mahal-mahal, apa karena penampilan kami seperti ibu-ibu pejabat. Seharusnya dijual dengan harga wajar, jangan dinaikkan. Masak es teh segelas Rp10. Terus camilan kacang gula sebiji dihargai Rp5 ribu, Terus nasi ikan haruan dijual Rp30 ribu, padahal kata teman biasanya nasi sama ikan haruan Cuma Rp20 ribu bahkan ada yang Rp15 ribu,” katanya dengan mimik heran.

yanuar

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed