oleh

Ratusan Warga Maluku di Kalsel Peringati Sosok Pahlawan Nasional Patimura ke-202

BANJARMASIN – Kerukunan Warga Maluku yang ada di Kalimantan selatan memperingati Hari Patimura ke-202 tahun 2019 di Gedung Mahligai Pancasila para tamu undangan yang kebanyakan di hadiri langsung oleh warga maluku yang berada di kalimantan Minggu (7/07).

Semua Kerukunan keluarga Maluku yang hadir dominan mengenakan pakaian berwarna merah. Dan berlapisan putih di bagian dalamnya menggabarkan simbolis bahwa mereka memang asli warga Maluku di acara Peringatan Hut Pattimura itu banyak tamu undangan yang menghadiri yaitu. Gubernur Maluku Murrad Ismail, beserta istri, walikota Maluku Richard Louhenapassy, Asisten Bidang Administrasi tiga Umum Sekda Provinsi Kalsel, Heriansyah mewakili Gubernur.

Yohanes palapessy ketua pelaksana Kerukunan Warga Maluku mengatakan, sejak dulu warga Maluku di mana pun berasa mereka sudah pasti melaksanakan Hut Pattimura ini dan ini sudah kesekian kalinya peringatan Hari Patimura di Banjarmasin sekalian Untuk melepas rindu para Masyarakat Maluku Yang ada di Banjarmasin Kepada Keluarganya yang ada di Maluku sana ucapnya.

“Ini sebuah tradisi yang turun-temurun di Maluku dan kita di tanah rantau masih melakukan dan melestarikan budaya kita ini untuk menghormati jasa sang pahlawan yang sudah mendahului kita maka dari itu kita merayakan acara ini dalam rangka mengenang jasa-jasa para pahalawa kita tempo dulu di masa sekarang sekaian juga melepas rindu semua keluarga kita yang merantau di sini,” kata Yohannes Palapessy.

Ditambahakannya, tradisi ini sudah menjadi agenda rutin warga asal Maluku. Bahkan, lanjutnya ,tradisi ini juga mendapat dukugan Pemprov NTT maupun Kota Kupang.
“Pada peringatan Hari Patimura beberapa waktu lalu hadir Walikota Ambon dan beberapa warga Ambon,” katanya.

Di selingi doa penutup dan makan malam para tamu undangan yang berhadir, Gubernur Maluku Beserta Istri Membawakan lagu romantis asal Maluku dan mereka berduet berdua dengan sangat romantis.

Tidak luput juga dari semua warga Maluku yang berhadir di acara peringatan Hut Pattimura yang ke 202 di Kalimantan selatan semua para tamu undangan Bernyanyi dengan sangat gembira sambil membuat lingakaran seperti kereta api sambil membawakan jogetan asal Maluku.

Perlu di ketahu kata Yohannes, jumlah warga Maluku yang ada di Kalimantan Selatan ini berjumlah sekitar 1000 lebih jadi ada di Banjarmasin, Banjarbaru, Marabahan, Batulicin, Pelaihari, dan lainnya Pokoknya seluruh Kalsel semua yang ada disini kebanyakan sebagai anggota Polisi dan ada juga PNS, Pengusaha, serta banyak lagi yang lain dan untuk malam ini saya rasa yang berhadir dari warga Maluku mau pun Kalimantan itu kira-kira berjumlah hanya 800 orang pungkasnya.

Febri

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed