oleh

Eksitensi dan Kiprah Paguyuban Wong Jowo di Kalsel Diharapkan jadi Panutan

BANJARMASIN – Paguyuban Wong Jowo (Pakuwojo)—organisasi sosial kemasyarakatan yang menghimpun keberadaan warga dari Pulau Jawa (Jawa Tengah dan  Jawa Timur) menggelar acara silahturahmi dan halal bihalal akbar bersama seluruh anggotanya, di Gedung Mahilgai Pancasila Minggu pagi (14/7).

Kegiatan yang bertujuan guna membangun silaturahim ini juga secara khusus mengundang Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

“Untuk melepas rasa rindu dengan semua saudara dari Jawa kami menggelar kegiatan ini. Dan bagi kita warga yang datang di Kalimantan Selatan itu memberikan rasa kedamaian antar sesama suku,” kata Ketua Pakuwojo Kalsel Wasis Subagyo.

Kata Wasis, kegiatan ini dilakukan setiap tahun untuk saling silahturahmi, agar tidak terjadi kesalah pahaman nantinya.

“Kita sebagai pendatang ingin membangun Bumi Lambung Mangkurat, jadi tidak boleh membuat sesuatu yang memancing ke arah yang membuat pecah antara kedua belah suku. Karena filosofi yang kami pakai itu, sudah jelas dimana Bumi dipijak disitu Langit dijunjung,”  ucapnya.

Menurut Wasis, kedepan warga Jawa agar setiap tahun agenda atau momen seperti ini selalu dapat terlaksakan, sehingga kita rasa kebersamaan dan keakraban silaturahim terbangun sehingga kita bisa merasakan kebersamaan.

Sementara Gubernur  Kalsel Sahbirin Noor memberikan apresiasi kegiatan ini. “kondisi ini sangat bagus untuk selalu dibina, karena tempat bersilaturahim tempat untuk meningkatkan silahturahmi. Ktta berharap nantinya ada manfaat untuk sebuah organisasi dan sudah pasti, nantinya tentu ada manfaatnya buat anggota. Mudah-mudahan terus dipertahankan tradisi ini dan jika perlu bisa menjadi teladan bagi masyaraiat pendatang yang lain,” pungkasnya.

Febri

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed