oleh

Festival Banjar 2019 di Jakarta Dimeriahkan Perwakilan Asing Mengayuh Jukung

Jakarta – Kementrian Luar Negeri RI dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan akan kembali mengadakan Festival Banjar pada tanggal 15 hingga 21 Juli 2019 di Museum Nasional Indonesia dan Kawasan CFD Bundaran HoteI Indonesia, Jakarta Pusat.

Perwakilan asing yang ada di Jakarta akan ikut ambil bagian dalam acara tersebut. Mereka akan mengayuh jukung (perahu khas Banjarmasin) di parade Puncak festival yang dilakukan di Car Free Day (CFD) pada Ahad (21/7).

“Karena itu secara khusus kita akan mengundang semua perwakilan asing yang ada di Jakarta. Gambarkan saja, itu orang asing itu ikut mengayuh jukung dari Museum Nasional ke Bundaran HI,” kata Wakil Menteri Luar Negeri, A.M Fachir, di Kompleks Kemlu RI, Jl. Pejambon, Jakarta Pusat, Senin (15/7).

Dalam festival tersebut, selain menikmati Jukung yang biasa dipakai di pasar terapung, maka atmosfer saling bertukar barang atau barter di pasar terapung juga akan dapat dirasakan oleh masyarakat Jakarta nanti.

“Semua yang di jalan itu juga akan ikut ada transaksi jual jual-beli karena jukung itu sebenarnya adalah tempat orang dagang, makanan, buah-buahan dan lain sebagainya. Transaksi biasanya adalah di sungai,” jelasnya.

Festival Banjar merupakan upaya dari Kemlu RI dengan misi diplomasi publik untuk mempromosikan potensi daerah ke panggung nasional dan internasional.

Oleh karena itu, Wamenlu Fachir berharap, ini akan dijadikan contoh bagi daerah-daerah lain ke depannya untuk mengembangkan potensi daerah yang ada.

“Jadi, ini ceritanya bagaimana membawa membawa potensi, membawa citra, membawa tradisi kearifan lokal di panggung nasional untuk kemudian diketahui oleh masyarakat internasional,” tegas Wamenlu.

Festival Banjar akan kembali melibatkan 13 Kabupaten/Kota di Kalsel dan akan mengangkat semua potensi khasanah seperti kuliner, kerajinan, kesenian, sumber daya alam, dan produk kerajinan.

Selain menghadirkan kegiatan expo, Festival Banjar juga dirangkai dengan kegiatan silaturrahmi warga banjar yang bermukim di Jabodetabek yang rutin diselenggarakan oleh Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Jabodetabek.

ida

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed