oleh

Pemprov Kalsel Gelar Rakor Pemutahiran Data Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan

 

BANJARMASIN, INFO BANUA.- Pelaksanaan rapat pemutakhiran data Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan (TLHP) mencerminkan keseriusan dan kesungguhan pemerintah dalam mencapai hasil pengawasan yang optimal dan terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

“Pelaksanaan tindak lanjut hasil pemeriksaan juga merupakan bagian dari upaya perbaikan manajemen pemerintahan. Adapun penuntasan hasil pemeriksaan, akan mendorong pemulihan citra dan kewibawaan pemerintah daerah” kata Asisten Bidang Pemerintahan Setdaprov Kalsel, Siswansyah mewakili Gubernur Kalsel pada pembukaan Rapat TLHP Aparat Pegawas Internal Pemerintah (APIP) di Menara Pandang Siring Tendean, Banjarmasin, Rabu (24/07).

Penyelesaian TLHP, lanjutnya, menjadi prioritas pemerintah daerah guna menindaklanjuti temuan-temuan, sehingga fungsi-fungsi manajemen organisasi pemerintah dapat tertata dan berjalan lebih baik serta efektif.

“Penyelesaian TLHP juga menjadi umpan balik untuk menghindari akan adanya sanksi, baik disiplin, administratif, perdata maupun pidana” imbuhnya.

Siswansyah berharap, agar pengawasan intern pemerintah sebagai fungsi manajemen, berjalan secara baik dan mampu memberikan pembinaan kepada SKPD.

“Melalui pengawasan intern dapat diketahui apakah suatu instansi pemerintah telah melaksanakan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsinya secara efektif serta efisien, juga sesuai dengan rencana, kebijakan yang telah ditetapkan dan ketentuan” jelasnya.

Sementara itu, Inspektur Jendral Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Tumpak H Simanjuntak mengatakan tujuan dari rapat ini yakni untuk melihat dan mengevaluasi tindak lanjut dari Pemda terhadap laporan hasil pemeriksaan APIP.

“Secara umum sudah ditindak lanjuti, hasil evaluasi akan menjadi masukan input program kedepannya dan untuk capaian-capaiannya sudah bagus untuk Kalimantan Selatan.Kedepan TLHP ini bisa menjadi alat introspeksi bagi seluruh unit kerja di Provinsi Kalsel khususnya Pemerintah Kabupaten/Kota” jelas Tumpak.

Febri

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed