oleh

Pembuang Bayi di Landasan Ulin diamankan Polisi

BANJARBARU – Polres Banjarbaru mengamankan 3 orang yang diduga membuang di Jalan Peramuan/Awang Baruh RT 11/03, Landasan Ulin Tengah, Kecamatan Liang Anggang, Kota Banjarbaru, Sabtu pekan lalu. Mereka berinisial B, K, dan SS. Semuanya adalah warga kota Banjarbaru.

Tersangka ternyata masih di bawah umur dan berstatus pelajar. Kapolres Banjarbaru, AKBP Kelana Jaya melalui Wakapolres Banjarbaru, Kompol Andik Eko Siswanto mengungkapkan B dan K adalah pasangan muda-mudi yang berpacaran.

Kemudian, suatu hari B merasakan ada yang aneh pada perutnya dan diketahui dirinya sedang mengandung.

Saat sedang hamil, kata dia, kedua pasangan tersebut tetap beraktivitas dan bersekolah seperti biasa karena perut B yang tidak buncit seperti orang hamil pada umumnya.

“Lantaran hamil di luar ikatan pernikahan keduanya nekat menggugurkan kandungannya dengan cara mengonsumsi obat penggugur kandungan,” ujar Andik kepada awak media, Kamis (1/8) siang.

Setelah mengonsumsi obat tersebut, kemudian, janin yang ada di dalam kandungan B keluar dan segera dirinya melaporkan hal itu kepada K. Singkat cerita, K kemudian datang ke rumah B dan melihat bayi tersebut dalam keadaan sudah meninggal dunia, terbungkus di dalam kain mukena.

Lantas, K kemudian membawa bayi tersebut ke rumah SS untuk meminta bantuan kepadanya. Setelah itu mereka berdua pergi ke kawasan persawahan untuk menguburkan bayi tersebut.

Andik mengatakan, akibat perbuatannya, kedua sejoli di bawah umur tersebut dijerat dengan pasal 77a yang dengan sengaja menggugurkan kandungan, dengan ancaman hukuman penjara paling lama 10 tahun.

Sedangkan, temannya SS yang membantu menyembunyikan dan menguburkan jasad bayi tersebut akan dikenakan pasal 181 dengan ancaman hukuman penjara paling lama 9 bulan.

Penemuan jasad bayi di Jalan Peramuan/Awang Baruh RT 11/03, Landasan Ulin Tengah, Liang Anggang, Banjarbaru, Sabtu (27/7) sore, sekitar pukul 16.00, menggemparkan warga sekitar.

Saat ditemukan bayi malang tersebut diketahui berjenis kelamin laki-laki lengkap dengan tali pusar yang masih belum terpotong.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed