oleh

Bank Kalsel Martapura Literasi Keuangan di SDN Bincau Martapura dan Bedah Sekolah

BANJARMASIN – Bank Kalsel terus mendorong kesadaran pengelolaan uang kepada para pelajar, melalui produk dana pelajar Tabunganku dan SimPel.

Seperti yang dilakukan Bank Kalsel Cabang Martapura, yang aktif memberikan literasi keuangan kepada murid sekolah di SDN Bincau Muara Martapura, Selasa (6/8). Karena dua jenis tabungan tersebut bertujuan memotivasi siswa untuk gemar menabung.

“Kami sering melakukan workshop maupun sosialisasi ke sekolah-sekolah untuk memberikan pengetahuan mengenai Perbankan di Indonesia, serta pengetahuan tentang profil Bank Kalsel secara keseluruhan, maupun manfaat dari menabung,” tutur Kacab Bank Kalsel Martapura Iwan.

Iwan menjelaskan, cara menabung di Bank Kalsel sangat mudah. Buat anak TK dan SD bisa menggunakan perwakilan dari Orangtua, sedangkan anak SMP dan SMA yang sudah memiliki kartu pelajar, dapat membuka rekening sendiri.

“Setoran awal untuk membuka tabungan tersebut pun sangat terjangkau, mulai dari Rp 5.000 sampai dengan Rp 20.000, dan setoran selanjutnya minimal dari Rp1.000 sampai Rp10.000,” imbuh dia.

Kegiatan literasi yang diikuti 103 siswa murid SDN Bincau Muara Martapura juga dilakukan kegiatan pemberian tabungan kepada 10 siswa masing-masing Rp200 ribu. CSR Bedah Sekolah—perbaikan kelas dan plafon. MoU PKS Tabungan Simpel dan bantuan spontanitas Kadis Pendidikan Martapura untuk 5 siswa.

Setiap tahun animo siswa yang menabung melalui  Tabunganku maupun SimPel terus meningkat. Karena itu, kegiatan Literasi Keuangan Bank Kalsel digalakkan setiap tahunnya, agar para siswa mengerti manfaat untuk menabung sejak dini.

Sementara itu, Kepala Divisi Dana dan Treasury  Bank Kalsel, Hambali mengatakan, produk tabungan pelajar telah diluncurkan sejak beberapa tahun yang lalu oleh Bank Indonesia (BI), yang dikenal dengan nama Tabuanganku.

Dia menambahkan, berselang beberapa tahun kemudian, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menginisiasi produk tabungan pelajar baru yang dikenal dengan nama Tabungan SimPel (Simpanan Pelajar).

“Dari data tersebut, dua produk tabungan Bank Kalsel berbasis pelajar, seperti TabungangKu dan Simpel menunjukkan progres yang menggembirakan, hal ini sejalan dengan upaya kami untuk meningkatkan kesadaran menabung bagi para pelajar,” pungkasnya. rel

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed