oleh

Desa Matang Hanau Lampihong Jadi Desa Tanggung Bencana

BANJARBARU- Kepala bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kalsel Sahruddin saat rapat di BPBD Balangan Jumat (9/8) pagi mengatakan desa tangguh bencana di Balangan pertama dilaksanakan. “Untuk itu kami telah menunjuk 4 fasilitator dari provinsi dan desa setempat, untuk kelancaran kegiatan tersebut” ujarnya

Tim fasilitator bertugas melakukan kordinasi pengumpulan data, identifikasi, dan perencanaan, pendampingan, fasilitasi, menyusun laporan aktifitas tangguh bencana.

Sebanyak 40 orang dari desa Matang Hanau akan dilatih tentang manajemen pencegahan dan mitigasi bencana, hingga nopember. Selanjutnya setelah desa tannggung bencana dibentuk, BPBD Kabupaten dapat mengembangkan sehingga desa tersebut bisa mandiri bahkan bisa menolong desa tetangga yang terkena musibah bencana.

Desa Matang Hanau memiliki sumber daya alam dengan tanah subur, dan sumberdaya manusia yang potensial dari Jawa. Bencana yang sering terjadi ialah banjir dan kebakaran. Desa tangguh bencana selain menyiapkan SDM yang siap menghadapi bencana juga akan diberikan bantuan peralatan mesin pompa. (Muha.bpbdkalsel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed