oleh

144 Warga Binaan RUTAN Rantau Dapat Remisi

RANTAU,- 144 warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas II B Rantau mendapatkan remisi atau pengurangan masa tahanan di HUT Kemerdekaan RI ke-74. Dari jumlah tersebut, 7 orang diantaranya langsung bebas. Sabtu (17/8).

Kepala Rumah Tahanan Negara Rantau, Batara Hutasoit kepada Infobanua.Co.Id mengatakan, Tadinya ada sekitar 150 orang warga binaan rumah tahanan negara klas II B Rantau yang memenuhi persyaratan tengah diusulkan mendapatkan remisi. Namun hanya ada 144 warga binaan kita yang resmi mendapatkan SK dari Kementerian Hukum dan Ham Republik Indonesia.
“Pemberian remisi ini merupakan hak bagi seorang warga binaan.Hak tersebut tercantum dalam Keputusan Presiden No: 174/1999, yang diberikan pada waktu tertentu.Pada peringatan Kemerdekaan Indonesia, setiap warga binaannya yang telah memenuhi syarat akan diberikan pengurangan masa tahanan,”katanya.

Remisi yang kita berikan ada dua, lanjut Batara Hutasoit, pertama RU (Remisi Umum)
RU I kelompok narapidana yang dapat remisi akan tetapi tidak langsung bebas dengan kisaran waktu 1 s/d 6 bulan. Di Tapin peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini hanya ada sampai 5 bulan. Jumlahnya ada 137 orang warga binaannya.
Kedua, RU II kelompok narapidana yang dapat remisi dan langsung bebas. Jumlahnya ada 7 orang warga binaannya yang langsung bebas.
“Jumlah seluruh yang mendapatkan remisi 144 orang,”pungkasnya.

Reporter Nasrullah

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed