oleh

Paman Birin Ajak Petani Bantu Cegah Karhutla Memotong Padi Hingga Pangkal Batang

BANJARMASIN – Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan berbagi kebahagian bersama masyarakat Desa Tajau Landung, Kabupaten Banjar, atas syukuran panen padi di lahan milik orang nomor satu di Provinsi Kalsel tersebut Minggu (25/08).

Disela-sela panen padinya Paman Birin, bisa mengadakan kuis dan berbagi sepeda serta alat penyemprot pestisida kepada orang dewasa dan anak-anak setempat sebagai salah satu bentuk syukur panen padi kali ini.

“Hari ini memperingati syukuran atas panen padi yang sudah kita tanam di Desa Tajau Landung, semoga dalam panen kali ini para petani kita bisa mendapatkan hasil maksimal sehingga lahan-lahan pertanian di Kalsel jadi lahan yang tidak tidur” kata Sahbirin.

Ditambahkannya, semua lahan pertanian di Kalsel harus digerakkan agar petani Kalsel sejahtera dan dapat memenuhi kebutuhan beras masyarakat Kalsel.

Ditengah musim kemarau panjang, lahan atau sawah setelah panen bisa menimbulkan potensi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) jika padi tidak dipanen atau dipotong sampai kepangkal batang padinya.

“Oleh karenya saya mengimbau kepada seluruh petani di Kalsel untuk memotong padi sampai kepangkal batangnya untuk meminimalisir bencana Karhutla di lahan yang telah dipanen” tukasnya.

Kita tahu yang namanya padi ataupun beras merupakan konsumsi utama masyarakat Indonesia, jika semua lahan pertanian digerakan diharapkan mampu memenuhi kebutuhan beras masyarakat Kalsel, atau bahkan mengeskpornya keluar ucapnya.

Ditempat yang sama Kasubdit Pengendalian Mutu Benih Kementerian Pertanian RI, Catur Setiawan mengatakan Provinsi Kalimantan Selatan menjadi salah satu provinsi sentral dari Program Selamatkan Rawa Sejahterakan petani (Serasi) Kementerian Pertanian.

“Fokus Program Serasi Kementerian RI ada Provinsi Kalimantan Selatan dan Sumatera Selatan, untuk Kalsel menargatkan 140 Hektar untukbprogram serasinya, ini terus beejalan dan akan dievaluasi rutin, semoga tahun ini selesai targernya” pungkasnya.

Febri

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed