oleh

Menjaga Keberagaman, Tonggak Utama Tegaknya NKRI

BANJARMASIN – Negara kesatuan yang memiliki keberagaman Suku, Bangsa, dan Agama. Perlu adanya rasa saling menjaga keberagaman tersebut agar terjalin kondisi yang kondusif antar masyarakat.

Hal itu pula yang selalu di jaga oleh masyarakat Kota Banjarmasin dalam menjaga keutuhan dan rasa aman antar setiap masyarakat, baik masyarakat asli Kota Banjarmasin maupun para pendatang.

Kepala Bagian Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Banjarmasin, H Kasman, M. AP, dalam dialog kebangsaan mengatakan, dialog ini sebagai mempersatukan kebangsaan, dengan berbagai gesekan antar tiap suku tentunya dengan dialog ini bisa mengantisipasi setiap kejadian demi terciptanya persatuan bangsa.

“Kalau untuk Kota Banjarmasin memper-satukan antar masyarakat kita, agar tidak terjadi gesekan-gesekan atau terjadi konflik yang berkepanjangan,” ujarnya (27/8/2019).

Ia juga menjelaskan apapun kedudukannya, status, suku, dan budaya setiap masyarakat harus terjamin keselamatannya dan saling menjaga keamanan.

“Dengan Dialog hari ini kita harapkan semua peserta dapat melanjutkan kepada siswa, mahasiswa, dan anggota mereka masing-masing,” ucapnya.

Hal senada juga diungkapkan Danramil 1007-03/Banjarmasin Barat Tengah, Mayor Czi Tandra Wideru, perlu adanya pemahaman penanaman nilai-nilai kebangsaan untuk seluruh masyarakat dalam menyongsong globalisasi.

“Nilai kebangsaan kita, bangsa yang besar, Sejarah, budaya, suku, dan bangsa yang sangat penting. Sebagai koridor kita berbangsa dan bernegara dalam rangka mencapai tujuan cita-cita negara,” paparnya.

Ia mengharapkan dengan berbagai macam suku dan bangsa keutuhan negara harus tetap terjaga dengan mempertahankan Bhinneka Tunggal Ika,

“Berbeda-beda kita tetap satu jua, kita cintai Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam keberagaman yang dapat menyatukan kita,” jelasnya.

Sementara itu Dosen Pendidikan Bimbingan Konseling FKIP ULM, Nina Permata Sari, mengatakan kesatuan bangsa harus tetap terjaga terutama untuk generasi milenial.

“Generasi milenial akan saling estafet, jadai wawasan nilai-nilai kebangsaan ini harus di tanamkan sejak dini kepada mereka,” tambahnya.

Terwujudnya negara yang berdaulat dan bersatu-padu akan menjadikan Indonesia sebagai negara yang maju dan dipandang oleh dunia.

Yudha/IB

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed