oleh

Tim Petanque Kalsel Berlaga di Babak Kualifikasi PON XX Jakarta

JAKARTA – Sebanyak 14 Atlet asal Kalimantan Selatan berlaga di babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, acara berlangsung di Gelanggang Olahraga Cendrawasih Jakarta Barat pada 26-31 Agustus 2019 kemarin.

Babak kualifikasi sendiri dikuti oleh 25 Provinsi dengan total keseluruhan 273 Atlet. Atlet putra sebanyak 147, atlet putri sebanyak 126 ditambah dengan 56 manager dan 26 pelatih. Sehingga total keseluruhan sebanyak 335 orang.

Tri Sutrisna selaku Ketua Pelaksana Babak Kualifikasi Petanque PON 2020 menjelaskan, jika lolos ke PON 2020 masing-masing pengprov hanya diberikan kuota delapan atlet. Yakni, empat putra dan empat putri serta dua official.

Sementara itu, salah satu atlet petanque asal Tanah Bumbu Retno Sari Mega Damayanti sempat di temui oleh tim infobanua di lokasi City Park Jakarta Barat memaparkan. Dirinya ingin sekali memperkenalkan jenis olahraga ini untuk masyarakat, terutama Kalimantan Selatan. Karena olahraga ini masih belum begitu dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Sekilas saya juga masih bertanya apa itu petanque? Yappp!! Bagi kalangan olahraga nama petanque tentu sudah tidak asing lagi. Namun olahraga yang satu ini bagi Indonesia dan orang awam masih dibilang permainan baru. Petanque adalah cabang olahraga (cabor) yang berasal dari negara Perancis. Olahraga ini merupakan permainan tradisional yang dikembangkan dari permainan pada zaman Yunani kuno sekitar abad 6 SM pada 1907.

Retno sapaan akrabnya merasa puas sudah bisa mewakili Kalimantan Selatan dalam ajang ini, dengan harapan pemerintah daerah juga bisa lebih memperhatikan atlet daerah nya di cabang olahraga petanque tersebut.

“ Harapan saya supaya petanque dapat ikut eksis diajang PORPROV di HST Kandangan thun 2021 nanti, serta pemerintah dan kabupaten kota bisa memfasilitasi sarana olahraga ini” ungkapnya.

Reporter : Kamila Rahesya

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed