oleh

Dinas PUPR Tapin Normalisasi Sungai Atasi Persoalan Banjir

RANTAU,- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tapin mengerjakan proyek normalisasi sungai Odol di Bitahan dengan anggaran dana sekitar Rp.862.956.000,- dari APBD Tahun 2019.

Kepala Dinas PUPR Tapin, H.Yustan Azidin melalui Kabid Sumber Daya Air (SDA) Mambang Kartika,ST mengatakan normalisasi sungai Bitahan Odol dilakukan sepanjang 2 KM lebih bertujuan untuk menanggulangi banjir yang melanda setiap musim hujan di beberapa titik lokasi seperti jalan nasional yang kerap terendam. “Dengan melakukan normalisasi sungai ini diharapkan upaya kita menanggulangi banjir segera teratasi dan aman sudah dibandingkan sebelumnya karena sudah kita keruk dalami semua,”katanya kepada media ini.

“Dengan normalisasi sungai Bitahan Odol ini, sungai itu kita keruk agar dalam,”katanya.

“Sungai Bitahan Odol sepanjang 2 Km yang sudah dikerjakan sekitar 1,3 KM lebih dengan presentasi sekitar 45 persen sudah dikerjakan dari mulai Labuhan Mustika Rangda sampai jembatan Gading Dua Terminal hingga jembatan jalan nasional ini,”katanya.

Riwayat Sungai Bitahan Odol ini dahulunya adalah aliran sungai karena tidak terurus semakin hari sungai ini semakin menyempit dan dangkal akibat sedimentasi dari tahun ke tahun yang tidak pernah ada penanganannya. “Setiap musim hujan sungai mudah meluap ke jalan hingga menggenangi jalan. Dan dengan dilakukan pengurukan sungai ini dipastikan aman tidak lagi seperti sebelumnya meluap hingga menggenangi jalan,”pungkasnya.

Reporter Nasrullah

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed