oleh

31 Oktober, UIN Antasari Gelar Seminar Internasional ‘Local and Global Islam’ di Era Revolusi Industri 4.0

BANJARMASIN – Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari akan menggelar seminar internasional bertajuk “Local ang Global Islam in the Fourth Industrial Industry”.  Kegiatan seminar akan dihelat di Golden Tulip Hotel Banjarmasin, 31 Oktober-1 November 2019.

 

Pembicara dalam kegiatan ini yakni, Prof. Jeffrey T.Kennedy Ph.D dari De Pauw University USA, Prof.Eusi Nurilawati Ph.D UIN Suka Jogyakarta,  Dr Khatijah bt Othman USIM Alamiyyah Malaysia, Dr Syaifufddin Ahmad Husin UIN Antasari Banjarmasin dan Dr Sulaiman Hasan Sulaiman Al Fateh University Libya.

 

 

Revolusi Industri 4.0 sebuah keniscayaan yang mesti harus dihadapi oleh umat Islam. Karakteristik revolusi industri 4.0 yang mesti harus dipahami bagi kita semua adalah :

1). munculnya inovasi disruptif (disruptive innovation) adalah inovasi yang memunculkan kondisi baru yang kadang tidak banyak yang bisa menduga, mengganggu atau merusak kondisi yang sudah ada, dan pada akhirnya menggantikan teknologi terdahulu yang sudah mapan.

 

2) Berkembang sangat pesat kecerdasan buatan (Artificial Intelligence disingkat AI) adalah kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin komputer agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.

 

3). Istilah Big Data atau data besar yang semula hanya dapat disimpan dalam memori besar seperti mainframe atau server, saat ini dengan basis internet setiap orang dengan menggunakan smartphone dapat memiliki big data dengan berbagai keterbatasannya. Seberapa besar seseorang khususnya umat Islam memanfaatkan teknologi internet menunjukkan seberapa besar seseorang sudah terlibat dalam revolusi industri 4.0.

 

Berminat mengikuti acara ini, silahkan menghubungi Muhammad Ridha +62852 5151 9926 dan Sitti Rahmasari +62852 9939 4747.

 

idayusnita

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed