oleh

Dinkes Kalsel Luncurkan Aplikasi Tanggap Bencana Atasi Wabah Penyakit

BANJARMASIN.- Dinas Kesehatan Kalsel akan luncurkan aplikasi yang bisa mendeteksi penyakit DBD. Diare, dll. Yang kerap muncul saat musim penghujan.

“Dinkes Kalsel meluncurkan aplikasi yang kita beri nama Kenari Tangkas–kKenari adalah aplikasi pengendalian krisis dan tanggap darurat dari Dinas Kesehatan yang dirancang dalam bentuk elektronik. Dimana aplikasinya ditaruh seperti di dalam mobil ambulans atau mobil operasional yang dapat divariasikan saat musim hujan tiba,” kata Kepala Dinkes Kalsel Muslim, Kamis (10/10).

Kata Muslim, misalnya seperti kejadian yang melanda Kalsel yaitu Karhutla, maka dinke membuat  mobil ambulans khusus yakni mobil oksigen.

Menurut Muslim, beberapa perubahan cuaca yang sangat berdampak krisis bagi kesehatan, membuat Dinkes Kalsel mempersiapkan kemungkinan terjadinya musim hujan yang mungkin berdampak pada penyakit yang mengikutinya.

“Semua ini sudah kita siapkan jadi semua sektor terkait yang di sini seperti kepolisian, TNI, BPBD. Kemudian dengan sektor-sektor terkait lainnya” ucapnya.

Muslim berkata, dalam waktu kurang lebih dua bulan ini kita menyusun strategi pengendalian itu melalui sistem pengendalian termonitoring berkolaborasi dengan sektor sektor terkait Jadi kami saat ini sedang menyiapkan ruangan untuk dijadikan ruangan kontrol atau ruang kendali.

“Di ruangan itu nanti ada display yang dapat kita pantau kemungkinan-kemungkinan atau titik-titik atau daerah yang bisa terjadi krisis itu sehingga kalau kita sudah punya itu mengetahuinya maka kita sudah siapkan tenaga tenaga kesehatan logistik” bebernya.

 

febri

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed