oleh

Rektor ULM: Kami Siapkan Anggaran Rp20 Miliar untuk Dosen yang Melakukan Penelitian

BANJARMASIN – Universitas Lambung Mangkurat Kota Banjarmasin mengalokasikan anggaran sebesar Rp20 miliar untuk dana riset guna meningkatkan kualitas para dosennya.

Hal ini dikatakan Rektor ULM Banjarmasin Prof H Sutarto Hadi usai acara pengukuhan sidang terbuka senat ULM Banjarmasin pengukuhan guru besar ULM Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M. Pd., Ph. D dengan disertasinya Tema Pendidikan Unggul Di Era Revolusi 4.0 Perspejtif Kepemimpinan Kepala Sekolah Senin (14/10).

“ULM sangat mendorong pengukuhan seperti ini, untuk mengangkat sumber penelitian pengabdian masyarakat publikasi dan sebagainya. Karena inovasi itu sangat penting, saya bertekad di tahun 2020 nanti kita akan mengucurkan dana minimal 20 Miliar untuk dana riset dengan dana yang cukup besar untuk program dosen yang melakukan wajib penelitian,” ujarnya.

Kata Soetarto, diharapkan jumlah publikasi akan naik dan inovasi yang dihasilkan para dosen mampu menciptakan karya ilmiah. Sehingga mendorong pengembangan SDM ULM makin berpacu. “Agar yang menjadi asisten menjadi rektor, dari rektor bisa menjadi kepala hingga dan seterusnya,” ujarnya.

Menurut rektor, dirinya berharap dengan para dosen ULM harus memiliki karya yang sangat banyak agar mempercepat proses jadi guru besar. Nantinya 1 orang profesor bisa membina 2 orang saja untuk menjadi guru besar itu sudah cukup. “ULM tak segan-segan memberikan dana dari Rp250 juta sampai Rp500 juta per orang, asal targetnya jelas,” katanya.

Sementara Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M. Pd., Ph. D, menambahkan “Reformasi di era revolusi industri para kepala sekolah harus dapat mengambil pesan secara cepat dan tepat itu yang penting. “Semua bisa berkerja sama yang tadi artian kolaborasi partisipatif dan kualitas bekerja bersama,” tuturnya.

Bagi para guru kita memang harus meniatkan yang pertama bahwa mengajar itu ibadah dengan ibadah namanya kita tidak melihat hal-hal yang lain apakah, misalnya tunjangan profesi dan sebagainya.

“Harapan saya kedepannya untuk calon dosen yang muda -muda terutama, kami berharap mereka dari awal sudah mempersiapkan diri untuk meraih yang tertinggi,” pungkasnya.

febri

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed