oleh

Portal Hinting Pali Dilepas, Jika Ada Kesepakatan Lewat Rapat Dengar Pendapat

Anggota DPRD Kotim dari Komisi II, melihat langsung permortalan berupa Hinting Pali oleh warga desa Penyang. (Ist).

Sampit –  Kesabaran warga desa Penyang, Kecamatan Telawang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Sampit. Melakukan penutupan (portal) area perkebunan sawit PT Hamparan Massawit Bangun Persada (HMBP) Hanting Pali, ini akibat pihak perusahaan di anggap tidak serius untuk menangani penyelesaikan sengketa lahan dan warga menunggu selama 8 tahun.

Ancaman warga bukan hanya sampai disitu saja, mereka juga mengancam pihak perusahaan untuk berdemo di depan kantor DPRD Kotim. Ancaman warga itu mereka sampaikan ketika meminta kepada perwakilan rakyat untuk segera mengadakan Rapat Dengar Pendapat dengan mengundang kepada semua pihak yang terkait.

Kekesalan warga Desa Penyang memuncak, sambil menunjukan surat hasil Pansus Sawit bentukan DPRD Kotim beberapa tahun yang lalu. Namun pihak perusahaan sepertinya tidak memperdulikan dan menilai kalau surat tersebut ada kewenangannya di DPRD Kotim.

“ Masalah ini tidak ada istilah pihak ketiga yang membenarkan tindakan Bapak, apakah itu DPRD atau Pemerintah, ini tidak ada kaitannya. Jadi maaf kalau kami menyatakan ini tidak benar.”Ungkap salah seorang perwakilan perusahaan.

Sebelumnya warga yang belum mendapat kepastian kapan akan diadakannya RDP antara warga, Pemerintah Daerah serta pihak perusahaan, warga sempat secara berkelompok mendatangi DPRD Kotim, dan mereka menyuarakan aksi demo secara besar besaran.

Bahkan terlebih ketika warga harus bolak balik mendatangi Komisi I dan Komisi II DPRD Kotim, adanya lempar masalah kewenangan antar Komisi. Hingga warga yang datang jauh jauh tersebut merasa terabaikan dan bingung untuk menjelaskan pokok permasalahan sengketa lahan 117 hektar tersebut.

“Setelah kami menemui pimpinan ketua DPRD Kotim, kasus ini diserahkan pada komisi I , Senin (21/10) RDP dan kami berharap jadwal itu tidak berubah.” ucap warga Dinerson Landa.

Sementara ketua DPRD Kotim, Rinie diruang kerjanya bersama komisi I memastikan jadwal RDP itu sesuai yang sudah disepakati pada Senin akan datang. Bahkan menurut rencana dewan akan mengundang pihak terkait termasuk perusahaan, hingga berita ini diturunkan portal berupa Hinting Pali masih dipasang warga di akses jalan perusahaan.

Nal/IB.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed