oleh

Kaltara Genjot Sektor Wisata Kedepankan Kearifan Lokal

TANA TIDUNG – Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Utara mengajak seluruh Dinas Pariwisata Kab/Kota untuk mengembangkan potensi-potensi Destinasi Wisata dengan mengedepankan ke arifan lokal mengingat Kaltara sangat kaya akan potensi alam nya, seperti hutan tropis Krayan, laut dan sungai serta ditunjang dengan keberagaman suku yang sangat heterogen dan sub-sub suku yang sangat banyak.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Kaltara Ir. H. Acmad Hairani, MM.,MT. pada pembukaan Rapat Koordinasi (RAKOR) Pariwisata Kalimantan Utara dengan Tema; “Singkronisasi Pariwisata se Kalimantan Utara” di Kabupaten Tana Tidung, Jumat (8/11/19).

Achmad Hairani mengungkapkan, Klatara memiliki wisata sejarah di Tarakan dan Bulungan, selain itu ada wisata kuliner dengan hasil laut seperti ikan, kepiting, kapah, dan kekayaan alam lainnya seperti Gas Bumi, Minyak, Batubara dan Emas.

“Terkait objek wisata, walau masih sangat mentah dan bahkan hampir belum terjamah, Kaltara memiliki ragam air terjum, gunung, hutan konservasi beserta fauna khas Kalimantan,” ungkap Hairani.

Namun demikian, mantan Kadis PUPERA Kaltara ini mengakui, masih banyak yang harus dilakukan dalam memberdayakan sumberdaya di daerah ini. “Tuntutan untuk mempromosikan daya tarik daerah harus terus dikejar,” ujarnya.

Lebih jauh Hairani mengatakan, Provinsi Kalimantan Utara telah dipercaya untuk menggelar musik alam yang mana event tersebut masuk dalam Calender of Event Kementerian Pariwisata.

“Melalui event musik alam, kita dapat mendorong generasi muda daerah untuk dapat menampilkan dan menikmati karya musik terutama musik tradisional yang harus dijaga eksistensinya dan diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan generasi muda pada alam,” ucap mantan Kadis PUPR Bulungan ini.

Tantangan untuk dapat memajukan Pariwisata Kaltara tegas Hairani merupakan hal yang menjadi perhatian bersama sebagai Provinsi termuda sehingga harus setengah berlari demi mengejar ketertinggalan dari aspek pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya manusia di daerah.

“Oleh sebab itu melalui RAKOR Pariwisata diharapkan dapat mengukuhkan komitmen untuk dapat mengemvangkan ODTW di Kaltara dan Forum Rakor ini dapat dijadikan media untuk menyamakan persepsi dan langkah-langkah kita kedepan dalam membangun dan mengexplore berbagai potensi destinasi wisata,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Panitia RAKOR Pariwisata, Berly, SE.,M.Si. mengatakan, tujuan dilaksanakannya RAKOR Pariwisata diantaranya membangun sinergitas antara Disnas Pariwisata Kaltara dan Kab/Kota dalam rangka percepatan pembangunan kepariwisataan di Kaltara agar tertata, terpadu dan berkelanjutan.

“Sasaran yang kita ingin capai adalah terwujudnya sinkronisasi kebijakan, program dan kegiatan termasuk aspek perencanaan dan inplementasi kegiatan kepariwisataan agar tercapai peningkatan jumlah kunjungan wisata,” katanya. (Lip)

Reporter : Suleman/Agus Tomadio

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed