oleh

Pembuatan E-KTP di Disdukcapil Tanah Bumbu Lancar

BATULICIN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) sudah bisa melakukan pencetakan e-KTP.

Diketahui, sebelumnya, masyarakat Tanah Bumbu yang ingin memiliki e-KTP terkendala dengan kosongnya blangko. Sehingga Disdukcapil hanya menerbitkan Surat Keterangan (Suket) atau KTP Sementara saja.

Nah, sekarang masyarakat pemegang suket sudah bisa cetak e-KTP di Kantor Disdukcapil Tanbu di Jalan Dharma Praja, Gunung Tinggi, Batulicin.

“Kepada seluruh masyarakat Tanah Bumbu yang masih memegang surat keterangan atau KTP sementara untuk segera datang ke Disdukcapil untuk dilakukan pencetakan e-KTP (KTP Eleketronik),” sebut Kadis Dukcapil Tanbu, Eka Saprudin, Rabu (05/03/2020).

Terkait cetak KTP Elektronik ini, kata Eka, pihaknya juga menghimbau agar Camat, Lurah, Kepala Desa, Kepala Dusun, Ketua RW, dan Ketua RW SE-Tanah Bumbu agar menyampaikan perihal cetak KTP ini.

Sementara itu, Kabid Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk Des Rizal RRD mengatakan kepada masyarakat pemegang suket yang ingin cetak e-KTP agar membawa suket/KTP sementara dengan stempel dinas asli (bukan fotocopy).

Kemudian, apabila suket/KTP sementara hilang diharapkan pemegang suket menyertakan surat kehilangan kepolisian dan fotocopy Kartu Keluarga (KK) sebanyak 2 lembar.

“Untuk cetak e-KTP ini tidak bisa diwakilkan,” tegas Des Rizal RRD.

Ia menambahkan cetak e-KTP bagi pemegang Suket ini merupakan tindaklanjut arahan dari Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri pada saat Launching Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) di Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, belum lama tadi.

Menurut Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrullah mengatakan launching Gisa dilakukan untuk memastikan pelayanan kependudukan di Kabupaten/Kota se-Kalsel berjalan dengan tuntas.

“Saat ini ketersediaan blanko sudah terpenuhi. Untuk itu, masyarakat diimbau agar menghubungi Disdukcapil terkait pencetakan KTP-Elektonik,” sebut Zudan Arif Fakrullah. (rel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed