oleh

Dinas Pertanian HSU Bantu Bibit Padi Petani HSU

AMUNTAI – Menjelang tibanya musim kemarau, Para Petani di Hulu Sungai Utara (HSU) mulai mempersiapkan lahan untuk tanam padi.

Pada saat bersamaan, beberapa hari lalu petani mendapatan bantuan benih padi dari Pemerintah Pusat yaitu Kementrian Pertanian  yang penyalurannya melalui Dinas Pertanian HSU.

Penyuluh Pertanian Purna Kusumayana mengatakan bantuan benih ini datang diwaktu yang tepat, yaitu disaat para petani memang tengah bersiap untuk memulai tanam.

Sembari mempersiapkan lahan para petani biasanya mempersiapkan bibit dengan melakukan penyemaian. Dan setelah bantuan ini datang petani berniat untuk segera melakukan penyemaian.

Sehingga saat lahan siap tanam maka bibit telah selesai disemai.

“Bantuan bibit yang datang adalah verietas mekongga yang merupakan bibit unggul, petani ssangat terbantu dengan adanya bantuan bibit ini karena bibit bantuan ini sangat sesuai dengan kebutuhan pera petani HSU,” ujarnya.

Varietas mekongga telah bersertifikat bahwa merupakan bibit unggul dimana memiliki kelebihan masa tumbuhnya seragam, lebih tahan terhadap serangan hama penyakit dan juga panen yang cepat yaitu tiga bulan.

Dengan masa tanam hingga panen selama tiga bulan sangat sesuai dengan daerah rawa yang memang perlu panen cepat sebelummusim penghujan tiba.

Purna yang membantu melakukan pengawasan saat bantuan bibit ini tiba mengatakan petani akan terus mendapat pendampingan oleh penyuluh pertanian dari awal masa tanam hingga panen.

Salahsatu kelompok tani yang mendapatkan bantuan ini ada di Desa Harusan Telaga Kecamatan Amuntai Selatan.

“Bekerjasama dengan petani agar hasil panen lebih maksimal, mencegah adanya hama sehingga kualitas padi yang diperoleh pun baik,” ujarnya.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed