Balangan Siap Menuju Zona Hijau, Enam ODP dan Satu Pasien Positif Sudah Stabil  

oleh -3 views

PARINGIN- Perkembangan Covid-19 di Kabupaten Balangan perlahan-lahan menunjukan grafik penurunan.

Saat ini, status Kabupaten Balangan terkait Covid-19 tengah bergerak dari zona kuning menuju zona hijau .

Keyakinan akan bisa menuju zona hijau ini terlihat dari mulai menurunnya data penyebarab Covid 19 di Kabupaten yang berjuluk Bumi Sanggam ini.

Bupati Balangan, Ansharuddin, sekaligus Ketua Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Balangan menyatakan yakin Balangan akan bebas wabah Covid 19 dan akan berstatus zona hijau.

Dilihat dari data terakhir per 18 mei 2020 ODP tinggal enam orang dan positif satu orang sedangkan OTG nihil.

Satu orang yang positif ini pun keadaannya stabil setelah dirujuk ke fasilitas perawatan rujukan di Banjarbaru.

Seluruh elemen di Kabupaten Balangan telah bersatu melakukan pencegahan dan penanganan Covid 19, masyarakat pun taat dalam mematuhi anjuran pemerintah .

“Ini lah menjadi keyakinan kami Balangan akan bebas wabah Covid 19,” kata Bupati di sela sela kegiatannya membangikan sembako warga, Selasa (19/5/2020).

Tindakan pencegahan Covid 19 dan penanganan dampaknya, terus dilakuan. Saat ini, kata Ansharuddin, dana sebesar Rp 26 miliar sudah disiapkan. Selain itu bantuan sosial dari pusat dan darerah pun telah tersalurkan secara baik.

“Intinya kebersamaan, kewaspadaan dan rasa kepedulian harus terus ditingkatkan,” ucap Ansharuddin.

Namun, Ansharuddin tetap berharap sikap masyarakat akan kewaspadaan penyebaran Virus Covid 19 jangan sampai kendor. Menurunnya jumlah data penyebaran Covid 19 dan pasien positif Covid 19, sebut Ansharuddin bukan berarti bisa bebas Covid 19.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Kesehatan, Erwan Mega Karya Latif, menyatakan untuk menuju Zona Hijau , saat ini tinggal menunggu hasil satu orang yang positif yang masih di rawat di ruang isolasi Ambulung, Banjarbaru.

“Beberapa hari ini hasil swab akan keluar, saat ini yang bersangkutan kondisi nya stabil, semoga hasil negatif dan dinyatakan sembuh,” ucap Erwan.

Sebagaimana diketahui, ada beberapa zona ditentukan pada wilayah saat pandemi Covid 19 ini. Zona orange adalah kabupaten yang berdampingam dengan zona merah. Sementara zona merah adalah daerah yang ada transmisi lokal. Kemudian zona kuning yang masih ada PDP dan zona hijau yang hanya ada ODP.

Sumber: https://banjarmasin.tribunnews.com/

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.