oleh

Di Kabupaten Blitar, TBC Lebih Berbahaya Dibanding Corona

-Blitar-11 views

Blitar, Infobanua.co.id – Ternyata penyakit TBC lebih berbahaya dibanding dengan Corona Virus Disease-19 (covid-19).

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pencegahan Pemberantasan Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Krisna Yekti.

Menurutnya, karena penyakit TBC sangat rentan menular sehingga harus ada pemahaman dan keterbukaan dari penderita, untuk meminimalisir media penularan. Penyakit ini bahkan lebih berbahaya dibandingkan covid-19, skehingga masyarakat diminta juga lebih waspada.

“Sebanyak 141 orang, warga Kabupaten Blitar teridentifikasi menderita TBC, penyakit ini terindikasi lebih bahaya dari covid 19,” kata Krisna, kepada awak media, Jum’at 05-06-2020.

Menurut Krisna, data yang sudah masuk di Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, 141 orang warga Kabupaten Blitar menderita TBC atau Tuberculosis. 141 orang penderita Tuberculosis ini baru data tribulan pertama mulai bulan Januari 2020 sampai Maret 2020.

Lebih lanjut Krisna menjelaskan bahwa, Dinas Kesehatan juga menemukan pasien TBC yang kebal obat Atau Multidrug Resistan Tuberculosis (MDR TB).

Untuk pasien TBC yang sudah MDR dipastikan penanganan lebih sulit karena sudah kebal obat.

Sehingga pihaknya menghimbau agar masyarakat lebih meningkatkan kesadaran memeriksakan diri utamanya saat menderita batuk lebih dari dua minggu.

“Dinas Kesehatan, menfasilitasi kemudahan layanan pemeriksaan dahak atau dikenal pemeriksaan BTA di RSUD Ngudi Waluyo Wlingi, Puskesmas Kanigoro dan Puskesmas Srengat,” jlentreh Krisna. (Eko.B)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed