oleh

Langgar Protokol Kesehatan, Bupati Kudus Tutup Pasar Kliwon

JATENG (Kudus), infobanua.co.id – Adanya temuan pelanggaran para pedagang dan pelanggan di Pasar Kliwon yang tidak mematuhi protokol kesehatan tidak memakai masker, Pemkab Kudus akhirnya bertindak tegas dengan menutup pasar untuk sementara waktu.

Hal ini dibenarkan Kepala Pasar Kliwon Sugito, penutupan pasar Kliwon karena adanya pelanggaran protokol kesehatan yang sebelumnya sudah di sosialisasikan kepada pedagang maupun pengunjung, “katanya, Kamis (5/6/2020).

“Sebelumnya Plt. Bupati Kudus Hartopo telah melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di sejumlah pasar dan ditemukan pelanggaran yang sama masih banyak pedagang dan pembeli yang tidak memakai masker, sehingga memutuskan penutupan pasar sementara, ungkapnya.

Penutupan pasar dijadwalkan selama dua hari mulai Jumat (5/6/2020) hingga Sabtu (5/6/2020).

Dengan adanya kebijakan tersebut, menjadikan efek jera bagi pedagang bahwa kepatuhan protokol kesehatan ditengah pandemi Covid -19 sangat penting dan untuk kepentingan bersama.

“Ketika ada salah satu pedagang yng terpapar, tentunya yng lain juga khawatir ikut terkena,” katanya.

Terkait salah satu pedagang pasar Kliwon yng terkena Covid -19, dia membenarkan. Yang bersangkutan adalah warga Desa Teluk Wetan, Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara, dan terigrestasi sebagai pedagang pada Los 136 Blok A berjualan konveksi.

Hanya saja yng bersangkutan jarang di pasar, karena sebelumnya sedang berada di Jawa Timur untuk keperluan dagang, katanya.

Pemkab Kudus sudah mensosialisasikan rencana penutupan pasar melalui pengeras suara dari pagi hingga siang hari, termasuk Kepala Dinas Pasar Sudiarti juga ikut mengumumkan soal itu.

Penutupan pasar juga berlaku untuk para pedagang kaki lima yang biasa berjualan di halaman depan pasar selama dua hari.

Berdasarkan surat edaran dari Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus yang ditandatangani Kepala Dinas Perdagangan Sudiharti tertanggal 4 Juni 2020, disebutkan alasan penutupan pasar Kliwon karena temuan pelanggaran protokol kesehatan dalam pencegahan Covid -19 di pasar masih banyak pedagang maupun pengunjung belum mematuhi.

Selama penutupan pasar, akan dievaluasi dan penataan kembali serta penyemprotan disinfektan di lingkungan Pasar Kliwon Kudus. (Hartadi Setiawan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed