oleh

Selama Pandemi Corona, Program KB Kab.Blitar Digratiskan

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, dalam hal ini
Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Blitar, menggratiskan biaya pelayanan Keluarga Berencana bagi seluruh masyarakat di wilayah Kabupaten Blitar.

Hal ini dilakukan untuk menekan angka kehamilan selama wabah pandemi covid-19.

“Selama wabah pandemi virus covid-19, masyarakat diminta untuk menjaga jarak, dan tetap berada di rumah, dan KB yang diberikan adalah KB Suntik,” kata Kepala Dinas PPKBP3A Kabupaten Blitar, Eka Purwanta, kapada awak media, jum’at 05-06-2020 sore.

Menurut Eka, kenapa harus KB suntik, karena menurut SOP Dinas Kesehatan, bahwa orang melayani itu tidak boleh lebih dari 5 menit. Kalau implan itu 15 menit, IUD 10 menit, jika suntik hanya beberapa detik sudah selesai.

Masih menurut Eka, bahwa penggratisan KB di Kabupaten Blitar ini sudah dilakukan selama dua bulan ini. Dan program ini dinilai cukup dapat mengurangi angka kehamilan.

Untuk diketahui angka kehamilan di wilayah Kabupaten Blitar turun sampai 121 kehamilan, menjadi 1.287 kehamilan, yang sebelumnya, angka kehamilan di Blitar mencapai 1.408 kehamilan. (Eko.B)

Komentar

Tinggalkan Balasan

1 komentar

News Feed