oleh

Komisi I DPRD Trenggalek : Penyaluran BLT DD Perlu Dikoreksi

-JATIM-7 views

Trenggalek, Infobanua.co.id – Ketua Komisi I DPRD Trenggalek Bidang Pemerintahan Moh. Husni Taher Hamid menyampaikan secara umum penyaluran BLT Dana Desa sudah tepat sasaran. Namun, ada beberapa desa dalam penyaluran BLT-DD yang perlu dikoreksi.

“Pada umumnya iya (tepat sasaran), tetapi ada beberapa desa yang perlu dikoreksi,” kata Husni,Jumat (5/6/2020)

Ia menyebutkan alasan beberapa desa harus dikoreksi, karena adanya perbedaan jumlah penerima BLT-DD antar desa. Padahal antar desa tersebut memiliki geografi dan jumlah penduduk yang hampir sama.

“Kenyataannya ada beberapa desa yang sebenarnya geografisnya hampir sama, tetapi di situ hanya bisa memberikan 5, 10, tetapi ada yang 100 (penerima BLT-DD) dengan kondisi masyarakat yang sama,” jelasnya.

“Yang menjadi pertanyaan kita, bahwa kita melihat data kemiskinan yang kemarin. Kok dalam geografi yang sama dengan penduduk kalau boleh dikatakan hampir sama itu terjadi perbedaan. Kita tidak bisa intervensi bahwa kamu salah, tidak. Kita cuma mau mengatakan berarti ini ada yang perlu menjadi koreksi,” katanya.

Menurutnya, bila jumlah penerima BLT-DD itu sedikit di satu desa, hal itulah yang benar. Alasannya karena penerima BLT-DD itu seharusnya tidak menerima program PKH (Program Keluarga Harapan), BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai), dan KPE (Kartu Penyangga Ekonomi).

Sebaliknya, bila jumlah penerima BLT-DD dalam satu desa itu banyak dan memiliki geografi serta jumlah penduduk yang hampir sama dengan desa yang telah menyalurkan BLT-DD dalam jumlah sedikit, itulah yang perlu dikoreksi.

“Yang perlu kita pertanyakan bagaimana dia menerapkan kriteria yang menjadi petunjuk pemberian itu,” kata Husni.

penulis : Sarno

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed