oleh

Gedung Candika Lubuk Pakam Kembali Dihuni 149 TKI Yang Dideportasi Dari Malaysia, Menjalani Masa Karantina

Deli Serdang, Infobanua.co.id – Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang Dideportasi dari Malaysia sebanyak 149 Orang, tiba di Bandar Udara Internasional Kuala Namu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara, Sabtu (06/06/2020).

Para TKI yang datang dengan menggunakan pesawat Malaysia Airlines, Nomor Flight MH8712. Para TKI tersebut lebih dahulu menjalani Pemeriksaan Intensif di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Kualanamu. Kemudian Para TKI dibawa menuju Gedung Cadika Lubuk Pakam untuk dikaratina sementara waktu sebelum dipulangkan ke rumah mereka masing-masing.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Medan Sumatera Utara, Priagung Adhi Bawono kepada Kru Media ini, Minggu (07/06/2020).

“Para TKI yang telah tiba kemarin di Bandara Kuala Namu ini, sesuai Aturan Protokol Kesehatan, satu persatu mereka diperiksa lebih awal. Sebelumnya, TKI yang Dideportasi akan tiba di Bandara Kualanamu, diperhitungkan berjumlah 150 Orang terjadwal, namun yang sampai ternyata 149 Orang. Seorang dibatalkan untuk terbang. Para TKI yang telah tiba Asal Sumatra Utara, dan Aceh sebelumya telah melakukan pemeriksaan di Malaysia. Hasilnya, mereka Non Reaktif Virus Corona. Demikian pula, Kita tetap menjalankan prosedur bagi Penumpang Pesawat, khususnya yang tiba dari Luar Negeri, dilakukan secara selektif. Dari Hasil Pemeriksaan PCR (Polymerase Chain Reaction) yang Kita terima, Para TKI dinyatakan Non Reaktif,” jelas Priagung Adhi Bawono.

Lebih lanjut Priagung menambahkan, meski hasil dari Pemeriksaan dinyatakan Non Reaktif, tetapi Para TKI tersebut, masih harus menjalani Masa Karantina selama Dua Pekan kedepan.

“Para TKI yang usai menjalani pemeriksaan sesuai Protokol Kesehatan di Bandara Kualanamu, selanjutnya dibawa untuk menjalani Karantina di Gedung Candika Lubuk Pakam,” ujarnya.

Ketika dikonfirmasi, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Deli Serdang, Darwin Zein membenarkan, TKI yang sudah tiba di Bandara Kuala Namu itu, telah berada di Gedung Candika Lubuk Pakam.

“Masa waktu lamanya menjalani karantina, belum diketahui pasti sampai berapa lama. Pun demikan, Mereka (TKI) yang sudah berada di Gedung Cadika, tetap dalam pemantauan Dinas Kesehatan Deli Serdang. Bila dinyatakan sudah layak, nanti akan dijemput oleh Daerah Masing-masing,” pungkasnya.

(William/Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed