oleh

Li Bapan RI Sumbar, Laporkan Aktifitas Tambang Galian C Illegal

Sumatera Barat, Infobanua.co.id – Dalam surat ESDM menjawab permohonan penjelasan/jawaban secara tertulis meyebutkan bahwa Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Riau tidak pernah mengeluarkan Izin Usaha Pertambangan (IUP) Operasi Produksi An. Roesjadi yang berlokasi di Desa Balai Raja Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis yang mana surat tersebut ditanda tangani Kadinas ESDM Dr. Indra Agus Lukman, AP.M.Si Nip. 19750817 1993111001.

Kemudian jawaban dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dalam suratnya juga menyebutkan bahwa sampai saat ini belum pernah menerbitkan Izin Usaha Pertambangan (IUP) Operasi Produksi Galian C atau Komoditas Bantuan (Tanah Urug) atas nama Irvin Roesjadi, Cs atau atas nama perusahaan lain yang lokasinya berada di Desa Balai Raja Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkali Provinsi Riau. Dan suratnya ditanda tangani Plt Kadinas DPMPTSP Elly Wardhani, SH.MH Pembina tingkat 1 NIP. 19650823 199203 2 003.
Dan sebelumnya dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis lebih dahulu membalas surat dari LI BAPAN RI Sumatera Barat, dengan suratnya Nomor: 060/DLH-TL/2020/IV/535 Perihal: Penjelasan tertulis kepada LI BAPAN RI Sumatera Barat tertanggal Bengkalis 27 April 2020 menyampaikan beberapa hal sebagai berikut ; Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis belum pernah mengeluarkan Izin Lingkungan terhadap usaha / kegiatan Penambangan galian Galian C dan/atau atas lokasi yang diperuntukkan sebagai tempat Penambangan Galian C yang dikenal saat ini sebagai penambangan batuan di Desa Balai Raja Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau

2. Adapun kewenangan Penerbitan Izin Usaha Pertambangan Mineral Logam dan Batubara. Izin Usaha Pertambangan Mineral bukan Logam dan Batuan , Izin Pertambangan Rakyat (IPR) dan Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi Khusus untuk komoditas Mineral bukan logam dan batuan dan Izin Usaha Jasa Pertambangan, bukan merupakan kewenangan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota berdasarkan lampiran angka 1 CC Pembagian Urusan Pemerintahan Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral . Angka

2. Mineral dan Batubara. UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.
Keterangan dari tiga instansi pemerintah di Provinsi Riau tersebut, berdasarkan surat dari LI BAPAN RI Provinsi Sumatera Barat Nomor: 044/PD-BAPAN/Sbr-Pdg/iv-2020 Tertanggal 18 April 2020 Perihal: Mohon penjelasan/jawaban secara tertulis, yang mana surat tersebut ditujukan kepada Tiga lembaga pemerintah Propinsi Riau dan diteruskan kepada Kapolri di Mabes Polri.

Kemudia LI BAPAN RI kembali menyurati secara resmi ke Bareskrim Mabes Polri Nomor: 057/PD-BAPAN /SBR-PDG/IV-2020 tanggal 8 Mei 2020 Perihal: Laporan dengan adanya aktifitas tambang galian C Illegal dilokasi Kelurahan Balai Raja Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau. Dan surat tersebut ditanggapi Bareskrimsus Mabes Polri dan megarahkan agar LI BAPAN RI membuat surat resmi ke Direskrimsus Polda Riau.
Dan surat kepada Kapolda c/q Direskrimsus Polda Riau berdasarkan hasil investigasi dari Lembaga Investigasi Badan Advokasi Penyelamat Aset Negara. RI. maka hasil investigasi sudah lengkap dan melaporkannya secara resmi melalui surat ke Kapolda Riau Nomor: 058//PD-BAPAN/Sbr-Pdg/VI-2020 Tertanggal 4 Juni 2020 Perihal: Laporan Tambang Galian C Illegal.
LI BAPAN RI Sumbar minta agar pihak Polda Riau Menindak lanjuti dengan serius secara professional, karena pelaku usaha Galian C illegal yang dilakukan oleh Irvin Soerjadi Cs adalah pebuatan tindak pidana kejahatan dan harus diproses secara hukum sebagaimana diatur dalam UU Nomor 11 tahun 2007 dimana sanksi pidananya dapat dihukum selama 10 (Sepuluh tahun) dan denda sebesar Rp.10.Miliar,-.

**ZA.Hs

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed