oleh

Menyanbut Bulan Bung Karno, Pemkab.Blitar Gelar Macapatan

-Blitar-17 views

Blitar, Infobanua.co.id – Bulan Juni, indentik sekali dengan Bulan Bung Karno. Karena di Bulan Juni terjadi tiga peristiwa bersejarah bagi Bangsa Indonesia.

Pertama tanggal 01 Juni merupakan Lahirnya Pancasila, kedua tanggal 06 Juni Lahirnya Bung Karno, dan yang ketiga tanggal 21 Juni Bung Karno, mangkat.

Dalam rangka memperingati Bulan Bung Karno, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar bekerjasama dengan Paguyuban Macapat Blitar Kawentar menggelar acara Macapat atau Tembang (lagu) dan puisi dalam bahasa Jawa, bertempat di Pendopo Agung Ronggo Hadi Negoro, jalan Semeru, Kota Blitar, Sabtu 06-06-2020 malam.

Acara Macapat dengan tema Kelahiran Bung Karno dihadiri oleh Bupati Blitar Rijanto, Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, sejumlah kepala OPD, beserta rombongan dari Paguyuban Macapat Blitar Kawentar.

“Kegiatan Macapat ini adalah hasil kerjasama Pemkab Blitar dengan Paguyuban Macapat Blitar Kawentar, yang diawali dengan acara seremonial, potong tumpeng dan dilanjutkan dengan Macapat,” kata Rijanto disela-sela kegiatan.

Menurut Rijanto, Bulan Bung Karno dimulai pada tanggal 01 Juni yakni Hari Lahir Pancasila yang sudah ditetapkan dalam keputusan Presiden. Banyak kegiatan yang sudah dilkukan, antara lain upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara online dengan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, dilanjutkan ziarah ke Makam Bung Karno bersama Forkopimda dan talkshow.

“Hari ini 06 Juni adalah Hari Lahirnya Bung Karno dan kegiatan yang dilakukan pagi tadi, ziarah ke makam Bung Karno, bhakti sosial, webinar, pagelaran seni dan malam ini kita lanjutkan acara macapat,” jlentreh Rijanto.

Lebih lanjut Rijanto mengatakan bahwa, dalam kegiatan ini bisa diambil hikmah dari spirit dan semangat perjuangan Bung Karno yang harus diteladani, dimana beliau sejak lahir sampai meninggal, jiwa raganya hanya untuk nusa dan bangsa.

“Api semangatnya Bung Karno harus kita teladani, oleh karena itu kita sebagai generasi-generasi penerus bangsa wajib untuk mewarisi dan mewariskan kepada generasi-generasi penerus berikutnya.” Pungkas Rijanto. (Eko.B)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed