SATGAS PAMTAS YONIF RAIDER 632/BWU GAGALKAN NARKOBA 5.76 & AMANKAN 6 WARGA SEBATIK WILAYAH PERBATASAN

oleh -3 views

Nunukan – minggu, 7/06/2020.Letkol Inf Yordania Jabatan Komandan Satgas Pamtas Yonif Raider 623/BWU dalam Press Release tentang Kesuksesan Jajarannya mengamankan 6 orang tersangka seorang Wanita dan 5 orang Pria diduga pemilik sabu-‘sabu Seberat 5.76 Gram Narkoba Jenis Sabu Sabu.

Dalam suasana Dunia khususnya Negara Indonesia Bersatu memerangi & melawan Virus Corona dan pandemi Corona Virus Disease 19 (Covid-19).

Pelaku sekaligus penyeludup narkoba memampaatkan kesempatan dalam kesempitan tidak menyurutkan niat jahat dari pengedar narkoba dalam melaksanakan aksinya.

Kronoligisnya haru selasa 2/06/2020 pukul 23.30 Satgas Pamtas telah melaksanakan Kegiatan Penghadangan disekitar Dermaga lalesalo kecamatan sebatik Utara kabupaten nunukan Provinsi Kalimantan Utara.

Ini terbukti dari pengamanan terhadap 6 orang Pelaku terduga pembawa sabu-sabu dalam 2 kegiatan patroli dan waktu yang berbeda yang tertangkap tangan saat patroli rutin yang dilakukan disekitaran wilayah pos Tanjung Aru, Sebatik.

Dan pada Pukul 23.30 Dan Pos Tanjung Aru mendapat Laporan adanya orang yang melewati jalan tikus Lalesalo setela pada jam 23.40 dilaksanakan tim Pemeriksaan terhadap orang yang melintas yang dilakukan secara teliti dan menghasilkan total 5,76 gram narkoba jenis sabu-sabu beserta alat hisapnya dari 2 orang oknum masyarakat dan salah satunya disembunyikan diselangkangan, Rabu (3/6/2020).

Tidak menunggu lama, Letda Inf Rifky selaku Danpos Tanjung Aru melaporkan ke Komando Taktis yang berada di Nunukan dan setelah mendapat petunjuk bersama 2 anggota Pos Tanjung Aru dan 2 orang anggota Kotis yaitu 1 orang Staf Intel dan 1 orang Provost, langsung menghubungi pihak Polres Nunukan dan membawa ke-6 orang oknum terduga pengedar dan penyalahgunaan narkoba tersebut beserta barang bukti dengan mengendarai mobil selanjutnya menumpang ferry menuju Kota Nunukan.


Setelah sampai di Polres Nunukan, personel dari Pos Tanjung Aru dibawah pimpinan Letda Inf Rifky diterima langsung oleh Iptu Lusgi Simanungkalit, S.T.K, S.I.K Jabatan Kasat Resnatkoba Polres Nunukan dan Bripka Sutrisno D. Simbolon Ps. Kanit Idik I Sat Narkoba Polres Nunukan. Penyerahan 6 orang oknum masyarakat tersebut kepada Polres Nunukan disertai dengan barang bukti yang didapat saat patroli.

Identitas oknum yang diserahkan antara lain :
(1) Hen (20 Th/Pria), Alamat : Sei Pancang,Sebatik Kewarganegaraan : Indonesia, Pekerjaan : Buruh,
(2). Sup(38 th/Pria), Alamat : Sei Manurung,Sebatik Kewarganegaraan : Indonesia, Pekerjaan : Buruh Bangunan.

(3)  Nas (28 th/Pria), Alamat : Sei Teiwan,Sebatik Kewarganegaraan : Indonesia, Pekerjaan : Swasta.

(4) As (23 th/Pria), Alamat : Sei Manurung,Sebatik Kewarganegaraan : Indonesia, Pekerjaan : Swasta,
(5) Kas (17 th/Pria), Alamat : Sei Manurung, Sebatik Kewarganegaraan : Indonesia, Pekerjaan : Swasta.
(6) Kam (34 th/Wanita), Alamat : Sei Teiwan,Sebatik Kewarganegaraan : Indonesia, Pekerjaan : Swasta.

Untuk barang bukti yang diserahkan antara lain : Barang bukti dari Sdr. Sup, Sabu-sabu sebanyak 12 bungkus ukuran kecil seberat 1,73 gram, 1 buah Alat hisap, 1 buah Handphone, 1 buah dompet,2 buah gunting, 1 bks rokok berisi 3 batang

Sementara barang bukti dari Sdr. Hen : 1 set Narkoba jenis sabu-sabu ukuran sedang seberat 4,03 gram, 5 buah Hp berbagai merek dari 4 orang terduga lainnya.

Kegiatan yang dilaksanakan saat di Polres Nunukan antara lain menyerahkan ke-6 oknum beserta barang bukti narkoba jenis sabu seberat 5,76 gram, 6 buah Hp, 1 buah alat hisap, 1 buah dompet, 2 buah gunting dan 1 bungkus rokok berisi 3 batang.

Selanjutnya membuat Laporan Polisi dan memyampaikan kronologi kejadian kepada penyidik Polres Nunukan serta penandatanganan Berita Acara Penyerahan terduga oknum pengedar dan penyalahguna narkoba dan barang bukti.

Dari hasil pemeriksaan tes urine terhadap ke-6 oknum terduga pengedar dan penyalahgunaan narkoba di Polres Nunukan positif mengandung amphetamine dan methampetamine.

Dalam rilisnya di Nunukan Jumat (5/6/2020), Dansatgas Pamtas Yonif 623Letkol Inf Yordania, mengatakan,”Hasil patroli yang dilakukan oleh Pos Tanjung Aru merupakan patroli rutin yang dilakukan disekitar wilayah Pos Tanjung Aru sebagai wujud tugas menjaga daerah perbatasan dari pelintas batas ilegal dan penyeludupan barang-barang ilegal dan setelah dilakukan pemeriksaan didalam badan dan barang bawaan yang bersangkutan, terdapat barang yang diduga narkoba sehingga anggota kami berkoordinasi dengan pihak Polres Nunukan untuk segera diserahkan beserta barang bukti agar dapat diproses sesuai hukum yang berlaku,” ujar Dansatgas.(Amsal Yusuf)

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.