Masuk New Normal, Pemkab.Blitar, Persiapkan Protap Kesehatan

oleh -3 views

Blitar, Infobanua.co.id – Dalam penerapan era new normal, Pemkab Blitar, masih menyiapkan aturan yang tepat dan benar, sehingga harus dikonsultasikan bersama para Kepala kepala OPD.

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid–19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti, SKM.,MM.Kes, bahwa, untuk Kabupaten Blitar dalam menyambut New Normal, pihaknya masih dalam persiapan.

Artinya apa yang harus lebih didahulukan, tatanan mana yang akan kita lakukan, misal untuk ASN sudah tidak WFH, sudah masuk seperti biasa, tetapi tetap mematuhi protokol kesehatan, tetap memakai masker dan tetap menjaga distansing, cuci tangan dan sebagainya. Hal ini pun juga di berlakukan kepada semua tatanan.

“Untuk Bidang wisata, dan Bidang Pendidikan saat ini belum ada kepastian mana yang akan di lakukan lebih dahulu. Kita masih melakukan penataan, artinya kegiatan kegiatan sudah mulai di perbolehkan misalnya kegiatan pertemuan yang mengundang kurang dari 50 orang sudah mulai dilakukan, yang pasti apa yang akan kita buka, harus koordinasi dengan berbagai Kepala OPD yang ada di Kabupaten Blitar,” kata Krisna yang akrab dengan awak media, Senin 08-06-2020.

Menurut Krisns, Dinas Kesehatan sudah melakukan paparan protokoler Kesehatan sebagai langkah awal, jika nanti New Normal di berlakukan di Kabupaten Blitar, misalnya Pendidikan kalau seandainya anak-anak masuk sekolah sudah ada protokoler kesehatan dan harus dilakukan.

Yang jelas mereka harus menyiapkan, apakah sudah siap dengan murid yang sekian banyak, dengan protokoler kesehatannya, pysical distancingnya, tempat cuci tangannya, maskernya dan sebagainya.

Begitu juga tempat ibadah, kalau seandainya di buka mereka hendak sholat di masjid harus berwudhu dulu dari rumah masing-masing, bawa sajadah sendiri, memakai masker dan menjaga jarak pada saat sholat, dan tidak boleh salaman.

“Kami kumpulkan tokoh agama para kyainya, kita sosialisasikan, lalu pasar pengelolanya sudah minta ke kita untuk minta petunjuk dan itu kita sosialisasikan, seperti disiplin para pengunjung pasar harus memakai masker, dipasar juga harus ada tempat cuci tangan, pedagang dan pembeli menjaga jarak,” jlentrehnya.

Lebih lanjut Krisna menerangkan bahwa, semua masih dalam taraf penjajakan dan terus mensosialisasikan menjelang new normal ini kepada berbagai tatanan. Sehingga nanti ada satuan yang mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu mematuhi protokoler kesehatan. (Eko.B)

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.